Konsultasi

Pelajaran fisika di sekolah dikenal sebagai salah satu pelajaran yang dihindari oleh banyak siswa di sekolah. Bisa jadi karena pelajaran fisika memuat banyak perhitungan yang kurang familiar bagi sebagian siswa. Pelajaran fisika memang bersifat kuantitatif dimana diperlukan perhitungan matematis sebagai sarana pemahaman atas berbagai fenomena fisis.

Di sini kami menyediakan media untuk menyampaikan berbagai masalah yang mungkin dapat dicari solusinya bersama-sama. Kamu bisa menyampaikan pertanyaan atau masalah untuk dicari solusinya bersama-sama.

Silakan menuliskan pertanyaan dan masalah seputar fisika di bawah ini. Jangan lupa untuk menuliskan alamat e-mail untuk menjawab pertanyaan yang diajukan.

94 thoughts on “Konsultasi

  1. sebernya saya sedang mencari blog yang berisi kumpulan guru-guru fisika. saya ingin bertukar cerita dan sebagaix dengan guru fisika di indonesia. kalo ada info tentang blog ini tolong di infokan. trimakasih

  2. Mas, saya minta tolong contoh aplikasi titik berat keseimbangan statis dalam kehidupan sehari-hari. Terima kasih ya mas.

  3. saya sedang melanjutkan studi di FKIP Fisika USK, saya ingin minta bantu kepada Bapak untuk mengirimkan materi ajar SMA dan SMP ke alamt email saya. Trims

  4. mas,,, air yang sudah pernah di masak lalu di dinginkan. kemudian di masak lagi bersamaan dg air yg belum pernah di masak sebelumnya. maka akan cepetan mendik yg mana mas?

  5. menurut saya sama aja asalkan keduanya mula-mula berada pada suhu yang sama. terima kasih atas kunjungannya

  6. mas anda bisa menjelaskan padasuatu peristiwa di mana pada saat kina naik kereta dengan kecepatan penuh dan disaat itu kita melemparkan sebuah benda ke atas, tapi yang terjadi benda tersebut jatuh di depan kita kenapa tidak jatuh kebelakang. tq

  7. Maz, numpang tny
    yg spektrum cahaya kog g ad?
    q lg btuh, bs kh d muat ttng all about spktrum cahaya?
    g pk lm y
    thankz

  8. mz……………
    bdw induksi silang yang laen ngapa . . . . .
    bth we …………….

  9. permizi,, sy kelaz 8 smp

    Mau ber ty … apa sich pembesaran sudut pada lup itu????
    lalu apa gunanya kita mencari pembesaran sudutpada lup???

    terimakasih

  10. misi , mau tanya nih .
    penjekasan tentang kuva histerisis magnet itu apa ??
    jawaban secepatnya ..
    thanks before ..

  11. kapan digunakan kalori dan joule dalam menghitung kalori ??? tolong dibals secepatnya yachh penting.

  12. @kadek arsana

    kalori dan joule adalah satuan energi yang sering digunakan

    1 kalori = 0,24 joule
    1 joule = 4,186 kalori atau 4,2 kalori

    semoga membantu

  13. Mas saya mau tanya dong, sebab saya penasaran 1 tts dikompas pertanyaannya : Berkaitan dengan benda bergerak itu apakah :
    -B…s.i.(delapan huruf)
    Terima kasih atas perhatiannya.

    B.Rgds/Rudy

  14. asl. mas, saya mau nanya mengenai cahaya. Apakah cahaya yang menembus permukaan air akan terpengaruh intensitas cahayanya terhadap suhu air? ex: air suhu 30 C dg 65 C akan berbeda intensitas cahayanya

  15. menyenangkan liat banyak penjelasan fisikany… khusus fis sma aj ya?? yg fis smp ga ada??? pengan tau membuat alat peraga sederhana u/ smp spy murd2 paham

  16. saya mau tanya?
    klu pelajaran fisika kan susah dan banyak rumus,, bagaimana supaya kita bisa ngerti fisika dgn mudah?
    thankz ya,,, di tunggu

  17. maz bayu
    kasih input ke saya dong,,,,,
    kira2 materi apa di fisika komputasi yang menarik utk dijadikan bahan TA
    oza maz,,,
    bagi2 ttg gel ultrasonik dong,,,,
    Q lg ada kul itu tuh…..

  18. Bang, mau tanya nih. Mungkin ga benda menggelinding dan dia melakukan gerak GLB. Kalo mungkin syaratnya apa ya?

  19. mau tanya nih..
    ada gk alat yg bisa mengukur gelombang elektromaghnetik yg sgt sensitif?? namanya apa? mahal gak? trims..
    tolong dibalas ya penting nih..

  20. saya dalam belajar fisika dan kimia, susah atau kurang mengertiapa yang disampaikan guru saya di sekolah. saya mau tahu bagaimana caranya agar saya dapat dan lebih cepat paham dalam belajar fisika dan kimia ….

    terima kasih .

  21. satu lagi kak, material apa selaen gelas yang bisa menyebabkan tegangan permukaan yang tinggi dengan air? ato bahkan yang lebih tinggi. koefisiennya terhitung berdasarkan apa?

  22. Yang mau saya tanyakan mengenai rotasi benda tegar, motivasi, dan contoh dalam kehidupan sehari-hari

  23. Belajar tentang apakah “Fisika Material”? Apa gunanya dalam kehidupan sehari – hari?
    Apa yang dapat kita lakukan jika kita sudah mempelajarinya?
    Terima Kasih..!
    Jawaban anda Sangat saya Harapkan..!

  24. saya mau tanya tapi kl bisa jwb sekarang (butuh sekarang.
    Apakah atom memiliki warna? Beri penjelasan dgn menggunakan atom karbon (c) yg merupakan penyusun dari grafit dan intan.
    Tolong ya ini PR dikumpul besok

  25. 1. Batang AC bermassa 40 kg dan panjangnya 5m. Jarak tumpuan A dan B adalah 2m (di B dapat barerputar). Anak bermassa 25 kg berjalan dari A menuju C. Berapa jarak minimum anak dari titik C agar papan tetap seimbang ( Jarak batang A hampir terangkat ke atas)….

    2. AB batang homogen panjang 80 cm, berat 18 N, berat beban 30N, AC adalah tali. Jarak AC=60 cm, maka tegangan dalam tali (dalam N)..

    3. AC= ¾ AB dan berat batang AB adalah 12 N, Jika sistem setimbang maka tegangan tali T adalah…

    4. Batang homogen dengan panjang L dan berat W (Titik berat ditengah-tengah batang) salah satu ujungnya bersandar di dinding dan pada ujung lainnya menempel pada pegas (konstanta pegas k)

    Bila batang dalam kedudukan vertikal, pegas tidak teregang, anggap permukaan dinding dan lantai licin sekali. Bila batang ada dalam keadaan setimbang, relasi antara W,K,L, dan ѳ (teta sudut) adalah..

  26. 1. Batang AC bermassa 40 kg dan panjangnya 5m. Jarak tumpuan A dan B adalah 2m (di B dapat barerputar). Anak bermassa 25 kg berjalan dari A menuju C. Berapa jarak minimum anak dari titik C agar papan tetap seimbang ( Jarak batang A hampir terangkat ke atas)….

    2. AB batang homogen panjang 80 cm, berat 18 N, berat beban 30N, AC adalah tali. Jarak AC=60 cm, maka tegangan dalam tali (dalam N)..

    3. AC= ¾ AB dan berat batang AB adalah 12 N, Jika sistem setimbang maka tegangan tali T adalah…

    4. Batang homogen dengan panjang L dan berat W (Titik berat ditengah-tengah batang) salah satu ujungnya bersandar di dinding dan pada ujung lainnya menempel pada pegas (konstanta pegas k)

    Bila batang dalam kedudukan vertikal, pegas tidak teregang, anggap permukaan dinding dan lantai licin sekali. Bila batang ada dalam keadaan setimbang, relasi antara W,K,L, dan ѳ (teta sudut) adalah..

    mohon bantuannya… tolong jelaskan pake caranya… tolong dijawab segera ya…terimakasih banyak. Saya jg melampirkan gambarnya di blog saya. Saya tunggu balasan di email saya. thx

  27. Bagaimana cara mencari tekanan pada berkas laser, jika yg diketahui panjang gelombang, daya radiasi, Luas penampang dan tetapan Plank…??

  28. pengen belajar fisika dan kimia lebih dalam, soalnya di kelas banyak sekali yang kurang paham tentang pelajaran fisika, cara cepat untuk mudah paham pelajaran ini bagaimana? apakah ada triknya?

  29. kalo gelombang elektromagnetik tp dlm bntuk komik ada gak yah, susuh bener nyarinya

  30. Salam Kenal Pak, kami ingin menayakan apakah produk buku fisika dan CD sdh bisa didapatkan ?
    Mohon informasinya

  31. sekrag saya kuliah di universitas bengkulu, n sekrg kuliah di jurusan pend.fisika..,
    dari SMA saya kurang ngerti dengan fisika, namun karena sesuatu hal saya bisa masuk di jurusan ini..,
    saat ini saya ngerasa putus asa dengn ini semua.., saya ngerasa tidak mampu untuk belajar fisika,
    boleh minta saran, apa yang harus saya lakukan ???
    saya merasa sudah berusaha untuk mngerti setiap mata kuliah yg berkaitan dengan fisika ini..,
    namun sangat susah untuk saya mngerti..,
    beri saran untuk saya spaya bisa melanjutkan kuliah ini, atau harskah saya mencari jalan lain, dengan keluar dari kuliah ini>???

  32. hay goes?, salam kenal smu’a.. saya mahasiswa t-ipa (fisika) iain imam bonjol padang…

    saya merasa kurang paham dengan praktikum saya, ada yang ngerti ngk?? cara penggunaan Basicmeter, avometer and OSiloskop.. and cara menentekun NST(nilai skala terkecil).pada multimeter. kalo twu send y.. goes// thankss,

  33. aku mau tanaya :
    Mengapa benda yang berada di tanah yang kasar gravitasinya lebih kecil dibandingkan dengan benda yang berada di atas tanah yang licin???
    terima kasih….

  34. asalamualaikum,,,,, tolong bantuin ngerjain tugas termodinamika yang( do P / do T)v = …?pleace bantuin yach!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  35. Kak,,toLong dong mnta penyeLeseian soaL ini..
    1 C=…stC
    1A=..StC
    1 ohm=…St ohm
    1V=…stV

    trimakasih

  36. ada cara2 nda supaya mudah dalam belajar fisika . . sesuaih dengan kalimat pada bagian atas blog ini . .mengusaih fisika menguasaih dunia , , ,saya jadi tertarik sekarang sama dunia fisika . . .saya kelas 2 ipa 1 Dari SMAN 1 WONOMULYO KABUPATEN POLEWALI MANDAR(POLMAN) PROVINSI SULAWESI BARAT . .

  37. mas ato mb..sy kesulitan memahami kapasitas panas khusus berdasarkan statistik bose..carany gimana ya..terimakasih

  38. saya anak IA kelas 11. dalam pelajaran lain alhamdulillah saya tidaak mengalami kesulitan dalam belajar. kecuali fisika. saya ingin bertanya, bagaimana caranya agar saya bersemangat untuk lebih mendalami pelajaran fisika. saya ingin ada motivasi, bisakah anda membantu problem saya ?😦

  39. mas aku mau minta bantuan, di sekolah saya ditugasskan untuk membuat alat-alat yang berkaitan dengan pelajaran fisika, nah saya berniat membuat alat yang saya ambil dari pembahasan medan magnet, kira2 benda yang saya buat harus gmana? atau saya harus membuat apa?

  40. mas. . minta tips’a dnk agar lebih mudah belajar tentang elektronika dasar 1 en 2. . trims. .

  41. mhon dijawab yah???

    1. Seorang wanita yang berenang ke arah hulu tidak bergerak terhadap tepi sungai. Apakah ia melakukan kerja? Jika ia berhenti berenang dan hanya mengaPung, aPakah kerja dilakukan padanya?

    2. Kerja yg dilakukan oleh gaya resultan selalu samabesar dengn perubhan energi kinetik. Mungkinkah kerja yg dilakukan oleh salah satu komponen gaya lbh bsar daripada perubahn energi kinetik? jka mngkin berilah contoh/

  42. saya mau tanya2,seputar radiasi tv

    1. bagaimana y pak mengukur tingkat radiasi pada tv 14″, (jarak
    brap, radiasinya berapa dan dampaknya ap)
    2.sebenarnya tinggkat radiasi tv itu berdasarkan jarak, lama
    menonton ato apa y pak
    3.besar manakah radiasi yg ditimbulkan, disaat menghidupkan tv
    pertama kali ato setelah hidup pak

    mungkin sekilan dulu pak pertanyaan saya, saya mohon sekali jawaban dari bapak, karena saya ingin tahu sekali,

  43. maaf mas,,,, ajarin aku gimana trik2 menjawab soal fisika SNMPTN dengan cepat.. thank’s…

  44. pak, jika sebuah pertanyaan benar secare dimensi, apakah ini berarti bahwa persamaannya juga harus benar? jika persamaan tidak benar secara dimensi, apakah berarti persamaan tidak bisa dikatakan benar?

  45. Ka, aku mau tanya cara mengitung rumus coloumb menggunakan cara cepat gimana ya? Aku belum ngerti tentang coloumb. Sekalian contoh soal ya
    makasih

  46. apa saja sih yang sering guru fisika tanyakan tentang titik berat dan momen inersia?

  47. saya minta tolong contoh aplikasi titik berat keseimbangan statis dalam kehidupan sehari-hari sebanyak 10 kasus. Terima kasih pak

  48. kak, saya baru masuk jurusan Fisika. Emang dari dulu pengeeen banget. Nah kan ada kelompok bidang keahliannya gitu, saya bingung harus milih mana soalnya saya belum paham banget soal itu. Nantinya saya pengen jadi ahli pembuat alat-alat semacam itu lah, mohon sarannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s