Alat Optik

Cermin dan lensa serta prinsip kerjanya memberikan sarana pemahaman bagi pemanfaatannya untuk mempermudah dan membantu kehidupan manusia. Alat-alat yang bekerja berdasarkan prinsip optik (cermin dan lensa) digolongkan sebagai alat optik.

Mata

Salah satu alat optik alamiah yang merupakan salah satu anugerah dari Sang Pencipta adalah mata. Di dalam mata terdapat lensa kristalin yang terbuat dari bahan bening, berserat, dan kenyal. Lensa kristalin atau lensa mata berfungsi mengatur pembiasan yang disebabkan oleh cairan di depan lensa. Cairan ini dinamakan aqueous humor. Intensitas cahaya yang masuk ke mata diatur oleh pupil.

Bagian-bagian mata
Bagian-bagian mata

Cahaya yang masuk ke mata difokuskan oleh lensa mata ke bagian belakang mata yang disebut retina. Bentuk bayangan benda yang jatuh di retina seolah-olah direkam dan disampaikan ke otak melalui saraf optik. Bayangan inilah yang sampai ke otak dan memberikan kesan melihat benda kepada mata. Jadi, mata dapat melihat objek dengan jelas apabila bayangan benda (bayangan nyata) terbentuk tepat di retina.

Lensa mata merupakan lensa yang kenyal dan fleksibel yang dapat menyesuaikan dengan objek yang dilihat. Karena bayangan benda harus selalu difokuskan tepat di retina, lensa mata selalu berubah-ubah untuk menyesuaikan objek yang dilihat. Kemampuan mata untuk menyesuaikan diri terhadap objek yang dilihat dinamakan daya akomodasi mata.

daya akomodasi mata
daya akomodasi mata

Saat mata melihat objek yang dekat, lensa mata akan berakomodasi menjadi lebih cembung agar bayangan yang terbentuk jatuh tepat di retina. Sebaliknya, saat melihat objek yang jauh, lensa mata akan menjadi lebih pipih untuk memfokuskan bayangan tepat di retina.

Titik terdekat yang mampu dilihat oleh mata dengan jelas disebut titik dekat mata (punctum proximum/PP). Pada saat melihat benda yang berada di titik dekatnya, mata dikatakan berakomodasi maksimum. Titik dekat mata disebut juga dengan jarak baca normal karena jarak yang lebih dekat dari jarak ini tidak nyaman digunakan untuk membaca dan mata akan terasa lelah. Jarak baca normal atau titik dekat mata adalah sekitar 25 cm.

Adapun, titik terjauh yang dapat dilihat oleh mata dengan jelas disebut titik jauh mata (punctum remotum/PR). Pada saat melihat benda yang berada di titik jauhnya, mata berada dalam kondisi tidak berakomodasi. Jarak titik jauh mata normal adalah di titik tak hingga (~).

Rabun Jauh dan Cara Memperbaikinya

Orang yang menderita rabun jauh atau miopi tidak mampu melihat dengan jelas objek yang jauh tapi tetap mampu melihat dengan jelas objek di titik dekatnya (pada jarak 25 cm). titik jauh mata orang yang menderita rabun jauh berada pada jarak tertentu (mata normal memiliki titik jauh tak berhingga).

Rabun jauh dapat diperbaiki dengan menggunakan lensa divergen yang bersifat menyebarkan (memencarkan) sinar. Lensa divergen atau lensa cekung atau lensa negatif dapat membantu lensa mata agar dapat memfokuskan bayangan tepat di retina.

miopi dikoreksi menggunakan lensa negatif
miopi dikoreksi menggunakan lensa negatif

Jarak fokus lensa dan kuat lensa yang digunakan untuk memperbaiki mata yang mengalami rabun jauh dapat ditentukan berdasarkan persamaan lensa tipis dan rumus kuat lensa.

pers01pers02Di sini jarak s adalah jarak tak hingga (titik jauh mata normal), dan s’ adalah titik jauh mata (PR). Prinsip dasarnya adalah lensa negatif digunakan untuk memindahkan (memajukan) objek pada jarak tak hingga agar menjadi bayangan di titik jauh mata tersebut sehingga mata dapat melihat objek dengan jelas.

Rabun Dekat dan Cara Memperbaikinya

Orang yang menderita rabun dekat atau hipermetropi tidak mampu melihat dengan jelas objek yang terletak di titik dekatnya tapi tetap mampu melihat dengan jelas objek yang jauh (tak hingga). Titik dekat mata orang yang menderita rabun dekat lebih jauh dari jarak baca normal (PP > 25 cm).

Cacat mata hipermetropi dapat diperbaiki dengan menggunakan lensa konvergen yang bersifat mengumpulkan sinar. Lensa konvergen atau lensa cembung atau lensa positif dapat membantu lensa mata agar dapat memfokuskan bayangan tepat di retina.

hipermetropi dikoreksi menggunakan lensa positif
hipermetropi dikoreksi menggunakan lensa positif

Jarak fokus lensa dan kuat lensa yang digunakan untuk memperbaiki mata yang mengalami hipermetropi dapat ditentukan berdasarkan persamaan lensa tipis dan rumus kuat lensa.

pers011pers03Di sini jarak s adalah jarak titik dekat mata normal (25 cm), dan s’ adalah titik dekat mata (PP). Prinsip dasarnya adalah lensa positif digunakan untuk memindahkan (memundurkan) objek pada jarak baca normal menjadi bayangan di titik dekat mata tersebut sehingga mata dapat melihat objek dengan jelas.

Kaca Pembesar

Kaca pembesar atau lup digunakan untuk melihat benda kecil yang tidak bisa dilihat dengan mata secara langsung. Lup menggunakan sebuah lensa cembung atau lensa positif untuk memperbesar objek menjadi bayangan sehingga dapat dilihat dengan jelas.

180px-magnifying_glass2Bayangan yang dibentuk oleh lup bersifat maya, tegak, dan diperbesar. Untuk mendapatkan bayangan semacam ini objek harus berada di depan lensa dan terletak diantara titik pusat O dan titik fokus F lensa. untuk menghasilkan bayangan yang diinginkan, lup dapat digunakan dalam dua macam cara, yaitu dengan mata berakomodasi maksimum dan dengan mata tidak berakomodasi.

Lup dapat digunakan dengan mata berakomodasi maksimum untuk mendapatkan perbesaran bayangan yang diinginkan. Agar mata berakomodasi maksimum, bayangan yang terbentuk harus tepat berada di titik dekat mata (s’ = sn = jarak titik dekat mata).

lup3-300x105Perbesaran bayangan yang dihasilkan oleh lup dengan mata berakomodasi maksimum adalah

pers09Dimana P adalah perbesaran lup, sn adalah jarak titik dekat mata (sn = 25 cm untuk mata normal), dan f adalah jarak fokus lup.

Menggunakan lup dalam keadaan mata berakomodasi maksimum membuat mata menjadi cepat lelah. Agar mata relaks dan tidak cepat lelah, lup digunakan dalam keadaan mata tidak berakomodasi. Untuk mendapatkan perbesaran bayangan yang diinginkan dalam keadaan mata tidak berakomodasi, bayangan yang terbentuk harus berada sangat jauh di depan lensa (jarak tak hingga). dalam hal ini objek harus berada di titik fokus lensa (s = f).

lup2-300x2041Perbesaran bayangan yang dihasilkan oleh lup dengan mata tidak berakomodasi adalah

pers051Dimana P adalah perbesaran lup, sn adalah jarak titik dekat mata (sn = 25 cm untuk mata normal), dan f adalah jarak fokus lup.

Mikroskop

Perbesaran bayangan yang dihasilkan dengan menggunakan lup yang hanya menggunakan sebuah lensa cembung kurang maksimal dan terbatas. Untuk mendapatkan perbesaran yang lebih besar diperlukan susunan alat optik yang lebih baik. Perbesaran yang lebih besar dapat diperoleh dengan membuat susunan dua buah lensa cembung. Susunan alat optik ini dinamakan mikroskop yang dapat menghasilkan perbesaran sampai lebih dari 20 kali.

Sebuah mikroskop terdiri atas dua buah lensa cembung (lensa positif). lensa yang dekat dengan objek (benda) dinamakan lensa objektif, sedangkan lensa yang dekat mata dinamakan lensa okuler. Jarak fokus lensa okuler lebih besar daripada jarak fokus lensa objektif.

mikroskop dan bagian-bagiannya
mikroskop dan bagian-bagiannya
pembentukan bayangan pada mikroskop
pembentukan bayangan pada mikroskop

Objek yang ingin diamati diletakkan di depan lensa objektif di antara titik Fob dan 2Fob. Bayangan yang terbentuk oleh lensa objektif adalah I1 yang berada di belakang lensa objektif dan di depan lensa okuler. Bayangan ini bersifat nyata, terbalik, dan diperbesar. Bayangan I1 akan menjadi benda bagi lensa okuler dan terletak di depan lensa okuler antara pusat optik O dan titik fokus okuler Fok. Di sini lensa okuler akan berfungsi sebagai lup dan akan terbentuk bayangan akhir I2 di depan lensa okuler. Bayangan akhir I2 yang terbentuk bersifat maya, diperbesar, dan terbalik terhadap objek semula.

Perbesaran yang dihasilkan mikroskop adalah gabungan dari perbesaran lensa objektif dan perbesaran lensa okuler. Perbesaran lensa objektif mikroskop adalah

pers062Dimana Pob adalah perbesaran lensa objektif, s’ob adalah jarak bayangan lensa objektif dan sob adalah jarak objek di depan lensa objektif.

Adapun perbesaran lensa okuler mikroskop sama dengan perbesaran lup, yaitu sebagai berikut.

pers072

untuk mata berakomodasi maksimum

pers08

untuk mata tidak berakomodasi

Dimana Pok adalah perbesaran lensa okuler, sn adalah jarak titik dekat mata (untuk mata normal sn = 25 cm), dan fok adalah jarak fokus lensa okuler.

Perbesaran total mikroskop adalah hasil kali perbesaran lensa objektif dan perbesaran lensa okuler. Jadi,

P = Pob × Pok

Hal-hal penting yang perlu diketahui berkaitan dengan mikroskop:

(1)jarak antara lensa objektif dan lensa okuler disebut juga panjang tabung (d). panjang tabung sama dengan penjumlahan jarak bayangan yang dibentuk lensa objektif (s’ob) dengan jarak benda (bayangan pertama) ke lensa okuler (sok).

d = s’ob + sok

(2)menggunakan mikroskop dengan mata berakomodasi maksimum berarti letak bayangan akhir berada di titik dekat mata di depan lensa okuler. Jadi, dapat dituliskan

s’ok = −sn

(3)menggunakan mikroskop dengan mata tidak berakomodasi berarti jarak benda di depan lensa okuler (sok ) berada tepat di titik fokus lensa okuler (fok). Jadi, dapat dituliskan

sok = fok

Teropong Bintang

Bintang-bintang di langit yang letaknya sangat jauh tidak dapat dilihat secara langsung oleh mata. Teropong atau teleskop dapat digunakan untuk melihat bintang atau objek yang letaknya sangat jauh.

Teropong terdiri atas dua lensa cembung, sebagaimana mikroskop. Pada teropong jarak fokus lensa objektif lebih besar daripada jarak fokus lensa okuler (fob > fok). Teropong digunakan dengan mata tidak berakomodasi agar tidak cepat lelah karena teropong digunakan untuk mengamati bintang selama berjam-jam. Dengan mata tidak berakomodasi, bayangan lensa objektif harus terletak di titik fokus lensa okuler. Dengan demikian, panjang teropong (atau jarak antara kedua lensa) adalah

d = fob + fok

dimana fob adalah jarak fokus lensa objektif dan fok adalah jarak fokus lensa okuler.

Adapun perbesaran P yang dihasilkan oleh teropong adalah

pers10

About these ads

246 thoughts on “Alat Optik

  1. makasi yah uda buad nieh artikel
    jd ngerti deh
    ^^
    ud mau ujian, makanya cari sumber kek ginian

  2. Terima kasih atas artikelnya. Saya kurang mahir materi ini dan semua buku kumpulan rumus (entah mengapa) melupakan menuliskan singkatan yang mereka gunakan untuk rumus itu artinya apa, sehingga membingungkan, jadi artikel ini adalah suatu penyelamat bagi saya, haha.

    Mungkin ada baiknya bila rumus: 1/f = 1/s + 1/s’ ditambahkan, karena itu sering sekali digunakan (terutama dalam soal mikroskop, whew)~

  3. Bozzz…
    Mksih yawhhh…
    Jadiii gmpang ngerjainn tugaszzz…
    hehehehehe…

  4. thanks banget ya…buat artikelnya!
    jdi gampang nyari tugas niy !
    thanks banget!!

  5. Thank you buat artikelnya, sangat membantu!
    Di sekolah aku pelajarnnya sama persis sama materi ini, tapi kalau di sekolah, rada susah untuk mengertinya, jadi dengan artikel ini, aku kebantu banget.

    Sekali lagi thx ya!

  6. hei.. makasi ya udah nulis artikel ini
    soalnya aku rada gaptek sama fisika. hehehehehehehe ^^

  7. adu…du………..q pusing buangeettttttttttt deh tugas’na susah………….

  8. siapapun yang baca tau gak…………………k’lo susah bangetttttttttt tugas q………..bantuin q donk………….ke sini……….

  9. thank’sssssssssssss artikel c0z dah bantuin q sekaliiiiiii lgiiiii thnk’

  10. thxx…….

    dddddddddddddddddddaaaaaaaaaaahhhhhhh…
    sukur allhamdulillah,,tugas jadi lebih gampang di kerjain..

    byeeeeeee…..

  11. makasi buat artikelnya …

    sekalian sama video pembelajarannya dong ….
    biar lebih mudah kand kalu ngeliat video . ga hanya baca ajah .
    makasi sebelum dan sesudahnya .

  12. thaxs dh nyediain artikel………….ne

    ad tugas neh…………

    thxs ya…….di upload lg dong…………

  13. mkcih yaw……..taz matery_matery nya.sngaT MmBAntu qu dlm mngrjakan tgaz fisika,,,,,,,,,oz BZOx mu BwT pResentasi.

  14. duh,,,gambar mikoskopnya kok kurang jelas sihh….

    teruz kok gg ada fungsinya..
    bikinin yg lengkap dong…pleas..

    soal.a gi b.a tugas nii…

  15. mkceh bwat artikel’a,,jdi bsa tmbah wa2san,,,,,
    pngen mcuk ipa neee.
    do;ain ea,,,

  16. terima kasih atas komen dan tanggapannya. mohon maaf belum bisa merespon semua pertanyaan atau komen yang diajukan disini.

  17. ThAnKz yEah. . .

    Dh bAnTu gUe bKin tUgAz eN jd taU tEtNg aLaT2 oPtiK. . .

    Bkn cUmA tTg mAtA tPi jG mNcAkUp sMuA, sMpE kAmeRa-Lup-miKrOsKop, dLL. . .

    Bye. . . .

  18. makasi bgt ya..
    tapi ada yg kurang tuh..
    teleskop nya belum..
    tugasku belum lengkaap..:(

  19. duh…………….
    kok lum dpat2 jg yah tntg alat2 optik……………

    dza lamload……. alz lambat loading………..haha

  20. fisika emang bikin pusiiiiiiiiiiiiiiiiiiing
    untung aje guru nya nyokab w sendiri .
    hehehehehe
    nyokab tiri di skull doang maksud w.

  21. Koq gx ad tentang teropong bumi ama teropong panggung ya??
    Anyway, bahan yang ditulis udah bagus koq, hanya kurang lengkap.

  22. tengkyu yah…… alx dah tgs makalah tntang nec sic.
    syukur ada artikel nec,,, sorry yac..ngopy :D

    bye2…

  23. Post ini membantu saya untuk bekerja sangat mudah!Terima Kasih untuk Penyusunhya!
    FISIKA maju terus!!!

  24. tx …
    berkat ne aq jd bnyak tw ttng alt” optik.
    adan tx jg krna aq bza ngerjain soal” yg d’brikan gru aq truzz nilai aq baguss lg ..!!!
    makasii yach …

  25. mkasih yya … gua jdi gga usah jauh” ngjain tugas alat optik ! :P :) :D

  26. ahhheemm jadi selesai deh tugas gue,, aman hehe makazih..yah buat info tentang ALAT OPTIK :)

  27. makasih, udah nyediain info tentang alat optik.Ini sangat membantu saya!!!

  28. iihh ,,,bagus banget artikelnya..aq jadi terkesan deh ….
    kapan kapan buat lgi ia…

  29. saya guru, sains terapan, berkeinginan membuat alat-alat optik dengan bahan murah dan sederhana. bagi yang mau tahu tahu cara membuat teropong sederhana bisa di lihat di ilmuyangdiamalkan.blogspot.com

  30. makasih banget udah ada artikel ini. . .
    tugas sekolah jadi cepet selesai

  31. terimakasih atas info dan artikel yang sangat berguna.. tapi akan lebih lengkap lagi jika ditambahkan dengan latihan latihan soal yg mumpuni

  32. Terimakasih atas info dan artikel yang sangat berguna.. tapi akan lebih lengkap lagi jika ditambahkan dengan latihan latihan soal yg mumpuni. .

  33. weh weh bagus banget…… tapi gk menarik gambarnya…. enak nya ada warnanya,jadi anak2 sd bertambah minatnya utk mmbaca artikel ini.

  34. thanks ya atas artikelnya, dan saya menjadi lebih mudah untuk belajarnya.. dan untuk bisa membantu UN saya nanti. :)

  35. makasih sudah membantu dikit2
    Saya boleh nanya ga rumus utuk mencari perbesaran yang terjadi pada mikroskop itu rumusnya yg man :D
    Skali lagi terima kasih :)

  36. makasih sudah membantu dikit2
    Saya boleh nanya ga rumus utuk mencari perbesaran yang terjadi pada mikroskop itu rumusnya yg mana :D
    Skali lagi terima kasih :)

  37. thankz so much yyaaach bwat artikelnya . .
    tugaszkuu jdie cpet kelar ..
    ^_^

    kamsamida .. :)

  38. piepit assagaf
    makasih yeach …
    udah ngebantuin gw bwt tgasnya gw .
    thankz buangetzzzzzzzzzzz …………….

  39. wew akhir nya selesai jg makalah nya thanks banget untuk artikel nya

  40. mksh yaa atz artikel’y ..
    akuu ngrti dan dpt mnbh ilmu ..
    bsha masuk ipa niie .. :)

  41. […] mikroskop dan bagian-bagiannya Objek yang ingin diamati diletakkan di depan lensa objektif di antara titik Fob dan 2Fob. Bayangan yang terbentuk oleh lensa objektif adalah I1 yang berada di belakang lensa objektif dan di depan lensa okuler. Bayangan ini bersifat nyata, terbalik, dan diperbesar. Bayangan I1 akan menjadi benda bagi lensa okuler dan terletak di depan lensa okuler antara pusat optik O dan titik fokus okuler Fok. Di sini lensa okuler akan berfungsi sebagai lup dan akan terbentuk bayangan akhir I2 di depan lensa okuler. Bayangan akhir I2 yang terbentuk bersifat maya, diperbesar, dan terbalik terhadap objek semula. Perbesaran yang dihasilkan mikroskop adalah gabungan dari perbesaran lensa objektif dan perbesaran lensa okuler. Perbesaran lensa objektif mikroskop adalah Dimana Pob adalah perbesaran lensa objektif, s’ob adalah jarak bayangan lensa objektif dan sob adalah jarak objek di depan lensa objektif. Adapun perbesaran lensa okuler mikroskop sama dengan perbesaran lup, yaitu sebagai berikut. Sumber : https://aktifisika.wordpress.com/2009/01/30/alat-optik/ […]

  42. makasih ya kak. ini ada tugas jadi ngerti deh pasti nati dapat seratus hehehe.
    udah mau ulangan lagi

  43. itu utk pnykit mata kurang KK,
    Aq tambahin ya :D

    Presbiopi
    Presbiopi adalah seseorang yang tidak dapat melihat benda yang berjarak dekat maupun berjarak jauh.Dapat dibantu dengan kacamata berlensa rangkap. Biasa terjadi pada lansia.
    Kerabunan dan kebutaan
    Buta berarti seseorang tidak dapat melihat benda apapun sama sekali. Buta bisa saja diakibatkan keturunan, maupun kecelakaan. Rabun berarti seseorang hanya dapat melihat dengan samar-samar. Orang-orang yang buta maupun rabun biasanya “membaca” dengan jari-jarinya. Ini disebut huruf Braille.
    Buta warna
    Buta warna adalah suatu kondisi dimana seseorang sama sekali tidak dapat membedakan warna. Yang dapat dilihat hanyalah warna hitam, abu-abu, dan putih. Buta warna biasanya merupakan penyakit turunan. Artinya jika seseorang buta warna, hampir pasti anaknya juga buta warna.
    Katarak
    Katarak adalah suatu penyakit mata di mana lensa mata menjadi buram karena penebalan Lensa Mata dan terjadi pada orang lanjut usia (lansia).
    Astigmatis = ketidakaturan lengkung – lengkung permukaan bias mata yang berakibat cahaya tidak fokus pada satu titik retina(bintik kuning). Dapat dibantu dengan kacamata slinder/Operasi refraktif.
    Rabun senja
    Rabun senja adalah penyakit mata yang disebabkan karena mata kekurangan vitamin A. Penderita biasanya tidak bisa melihat pada saat sore hari saja.

  44. Good post. I learn something new and challenging on websites I stumbleupon every day.
    It’s always exciting to read articles from other writers and use a little something from their sites.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s