Gaya Ke atas dan Prinsip Archimedes

anak sedang mengapung di air
anak sedang mengapung di air

Kita semua pasti suka berenang dan pasti sudah pernah berenang di kolam renang, atau paling tidak berendam di dalam air. Jika kita teliti, kita pasti merasakan ada sesuatu yang berbeda ketika kita menceburkan diri kita ke dalam air. Kita merasa seperti terangkat oleh air atau bisa dikatakan ada gaya seolah-olah mengangkat kita, gaya yang dilakukan oleh fluida. Gaya ini akan lebih terlihat apabila kita meletakkan benda yang ringan seperti gabus diatas permukaan air dia akan mengapung. Ini menunjukkan adanya gaya apung yang bekerja pada fluida.

Kenyataan yang lain yang dapat kita amati ialah apabila sebuah benda yang ditenggelamkan ke dalam air, ada sebagian fluida yang berpindah dan bila kita timbang berat fluida yang dipindahkan, maka akan sama dengan berat benda yang dimasukan kedalam air tadi. Kenyataan ini merupakan suatu hukum dasar dalam penggambaran fluida yang disebut dengan prinsip Archimedes.

Archimedes
Archimedes

Berat suatu benda dapat diketahui dari massanya dikali gravitasi W = m.g . Bagaimana dengan berat fluida. Karena fluida dapat dibedakan berdasarkan massa jenis, massa fluida dapat diketahui dari massa jenis dan volumenye. Jadi, berat suatu fluida adalah massa jenis benda dikali volume dikali gravitasi. Bila ini dikaitkan dengan gaya apung, didapat bahwa gaya apung sebanding dengan massa jenis dan fluida.

Berdasarkan massa jenisnya benda yang tercebur ke dalam fluida dapat berada dalam satu dari tiga keadaan, yaitu tenggelam, melayang dan terapung. Benda akan tenggelam bila massa jenisnya lebih besar dari massa jenis fluida. Benda akan melayang, apabila massa jenisnya sama dengan massa jenis fluida. Benda akan terapung bila massa jenisnya lebih kecil dari massa jenis fluida.

Benda yang terapung memiliki massa jenis lebih kecil dari massa jenis fluida sehingga gaya lebih kecil dari gaya ke atas fluida. Bila ada sebagian benda yang tercelup, gaya ke atasfluida ini sama dengan berat benda yang tercelup.

3 thoughts on “Gaya Ke atas dan Prinsip Archimedes

  1. maaf kak
    tapi sepertinya pada kasus benda di tenggelamkan ke dalam fluida
    ‘berat fluida yg berpindah’ harusnya tidak sama dengan ‘berat benda yg di tenggelamkan’ kak
    yg sama itu volumnya

    adapun yg sama selain volum, adalah ‘berat fluida yg berpindah’ dengan ‘gaya apung/archimedes’
    CMIIW kak!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s