Keseimbangan Benda Tegar : Titik Berat

Telah dikatakan sebelumnya bahwa suatu benda tegar dapat mengalami gerak translasi (gerak lurus) dan gerak rotasi. Benda tegar akan melakukan gerak translasi apabila gaya yang diberikan pada benda tepat mengenai suatu titik yang yang disebut titik berat.

Benda akan seimbang jika pas diletakkan di titik beratnya
Benda akan seimbang jika pas diletakkan di titik beratnya

Titik berat merupakan titik dimana benda akan berada dalam keseimbangan rotasi (tidak mengalami rotasi). Pada saat benda tegar mengalami gerak translasi dan rotasi sekaligus, maka pada saat itu titik berat akan bertindak sebagai sumbu rotasi dan lintasan gerak dari titik berat ini menggambarkan lintasan gerak translasinya.

Mari kita tinjau suatu benda tegar, misalnya tongkat pemukul kasti, kemudian kita lempar sambil sedikit berputar. Kalau kita perhatikan secara aeksama, gerakan tongkat pemukul tadi dapat kita gambarkan seperti membentuk suatu lintasan dari gerak translasi yang sedang dijalani dimana pada kasus ini lintasannya berbentuk parabola. Tongkat ini memang berputar pada porosnya, yaitu tepat di titik beratnya. Dan, secara keseluruhan benda bergerak dalam lintasan parabola. Lintasan ini merupakan lintasan dari posisi titik berat benda tersebut.

Demikian halnya seorang peloncat indah yang sedang terjun ke kolam renang. Dia melakukan gerak berputar saat terjun. sebagaimana tongkat pada contoh di atas, peloncat indah itu juga menjalani gerak parabola yang bisa dilihat dari lintasan titik beratnya. Perhatikan gambar berikut ini.

seorang yang meloncat ke air dengan berputar
seorang yang meloncat ke air dengan berputar

Jadi, lintasan gerak translasi dari benda tegar dapat ditinjau sebagai lintasan dari letak titik berat benda tersebut. Dari peristiwa initampak bahwa peranan titik berat begitu penting dalam menggambarkangerak benda tegar.

Cara untuk mengetahui letak titik berat suatu benda tegar akan menjadi mudah untuk benda-benda yang memiliki simetri tertentu, misalnya segitiga, kubus, balok, bujur sangkar, bola dan lain-lain. Yaitu d sama dengan letak sumbu simetrinya. Hal ini jelas terlihat pada contoh diatas bahwa letak titik berat sama dengan sumbu rotasi yang tidak lain adalah sumbu simetrinya.

Orang ini berada dalam keseimbangan
Orang ini berada dalam keseimbangan

Di sisi lain untuk benda-benda yang mempunyai bentuk sembarang letak titik berat dicari dengan perhitungan. Perhitungan didasarkan pada asumsi bahwa kita dapatmengambil beberapa titik dari benda yang ingin dihitung titik beratnya dikalikan dengan berat di masing-masing titik kemudian dijumlahkan dan dibagi dengan jumlah berat pada tiap-tiap titik. dikatakan titik berat juga merupakan pusat massa di dekat permukaan bumi, namun untuk tempat yang ketinggiannya tertentu di atas bumi titik berat dan pusat massa harus dibedakan.

About these ads

67 thoughts on “Keseimbangan Benda Tegar : Titik Berat

  1. tolong dong buat sebuah metode percobaan yang ada hubungannya dengan torsi dgn titik berat

  2. Boleh minta soaL” mengenai Keseimbangan benda tegar??
    SekaLian dengan jawabanNYa,
    biar bwt di peLajari,

    Thnx before!!!!

  3. hai mas….
    saya ada soal tentang titik berat kendaraan nich..
    tolong dibantu solusinya ya
    soalnya :
    diket sebuah mobil
    ditanya letak titik beratnya x,y, z(tinggi titik berat dari tanah)
    trims sebelumnya

  4. Kalau menyusun dan mengurai gaya dengan menggunakan meja gaya. termasuk dalam materi ini ga’ sich???

  5. please dong,,kirimkan materi tentang menggeser dan menggulinag….
    PENTTING bangeeetzzzini,,da persentasi..

  6. please dong,,kirimkan materi tentang menggeser dan mengguling….
    PENTTING bangeeetzzzini,,da persentasi..

  7. Tolong ce… cri tw knapa pda percobaan kesetimbangan benda tegar, F tidak selalu sama dengan 0???

  8. Tolong ce… cri tw knapa pda percobaan kesetimbangan benda tegar, F tidal selalu sama dengan 0???

  9. minta di kirimin dong, materi tentang kesetimbangan benda tegar( misal: tentang titik berat benda homogen)

  10. please, kirim konsep,dasar teori’ dan pembahaasan tentang keseimbangan benda tegar sich. ya???
    secepatnnya.tolong ya???kepepet banget nich.ntar di kirim ke metlazzaclaire@yahoo.com
    thank’s a lot…
    trima kasih banyak…

  11. Sekedar usul nih, bikin dong artikel singkat tentang pemanfaatan titik berat ini dalam kehidupan nyata, misalnya dalam perancangan kapal, di mana harus dirancang titik berat kapal dan titik berat dari zat cair yg dipindahkan sedemikian rupa untuk mejaga kapal tetap tegak, ini pelajaran fisika di SMA dulu kan

  12. boleh minta soaln tentang keseeimbangan benda tegar ???? butuh banget nih buat latihan menghadapi ulum nanti

  13. salam kenal pa! bahasan kesetimbangan memang punya ruang lingkup yang cukup luas dibanding bahasan yang lain. karena prasyarat juga lumayan berat. terima kasih penjelasannya.
    salam fisika

  14. ih saya pernah punya mainan burung itu waktu masih kecil. a pretty neat toy. btw, saya uda beberapa kali liat bukunya mas bayu di gramedia. ternyata ini toh orang/blognya. keren. kalau gitu halo mas. :)

  15. boleh minta contoh soal keseimbangan benda tegar??????
    oh ya minta donk donk persamaan untuk menghitung titik berat kendaraan.

  16. untuk pemilik situs dunia fisika yang baik hati :)
    aku mnta tolong dunk , tolong dimuat materi yang lebih spesifik juga contoh penerapan dlm khidupan sehari-hari yg ada kaitannya dgn momen gaya, momen inersia, kesetimbangan bnda tegar…
    makasi :)

  17. Saya mempunyai sebuah laptop, jika layar laptopnya di buka dengan sudut 95derajat dari keyboard maka dimana titik berat laptop tersebut ?.
    Bagaimana cara mencari titik berat laptop tersebut ?

  18. selamat sore…
    gan ane minta tolong banget ya…sekranya agan tau mengenai tripod (kaki tiga) tentang teori kseibanganya kenapa memerlukan 3 kaki..tolong dikirim ke ademukhlas@gmail.com
    atau mungkin ada refrensi buku yang harus sya baca..ini tentang penelitian saya..terima kasih

  19. pengertian lintasan gerak translasi itu apa???
    kalau bisa di kirim di dinding facebookk ku yah

  20. gimana yah cara ngebuat bangunan 2 dimensi yang terbuat dari karton yang mnganut sistem kesetimbangan benda tegar
    …. contoh bentuk jajargenjang, lingkarang,dll

    apa yang harus diperhatikan dari sisi ukurannya, dan bagaimana cara menentukan x, y, dan z nya.
    mohon dibantu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s