Diskusi

Mengapa pelajaran fisika terasa sangat sulit? Apakah guru fisika kamu di sekolah galak dan ngga bisa ngajar? Apakah kurikulum pelajaran fisika terlalu banyak dan terlalu sulit? Jika sekolah dan guru bebas membuat kurikulum sendiri mengapa perlu ada Ujian Nasional sebagai standar dan syarat kelulusan?

Pertanyaan-pertanyaan di atas, mungkin pernah terlintas dalam pikiran kita. Saya sendiri terus mencari jawaban dan solusi atas pertanyaan-pertanyaan tersebut. Sebagian pemikiran saya tentang pendidikan dan pelajaran fisika pernah saya tuangkan dalam bentuk artikel. Anda bisa membacanya melalui link berikut ini.

Mengapa fisika sulit?

Mengapa mereka (tidak) suka pelajaran fisika?

Jika anda memiliki pengalaman, saran, atau ide seputar pendidikan dan kurikulum sekolah, mari kita berdiskusi tentang masalah ini. Anda dapat menuliskan unek-unek tentang berbagai masalah seputar pendidikan, kurikulum, dan UN di bawah ini.

Kami tunggu komentar-komentar Anda yang bermanfaat, kreatif, dan inovatif demi kemajuan pendidikan.

67 responses to “Diskusi”

  1. mita says :

    bisa minta tolong ga buatin rumus-rumus yang biasa di pake pada teori keseimbangan benda tegar.

  2. mita says :

    bisa minta tolong bwatin rumus2 yang biasanya dipake dalam teori benda tegar,,

  3. duniakufisika says :

    untuk keseimbangan benda tegar rumusnya cuma hukum Newton F = 0, tapi memang untuk menjawab soal perlu teknik khusus. Kebetulan belum saya posting di situs ini. Kalo ada soal yang perlu dijawab boleh diajukan.

  4. curious achie says :

    boleh tanya? kalo materi ini sebenernya buat anak klas berapa ya? kebetulan saya masih smp, jadi kurang begitu mengerti. bisa menjelaskan?

  5. Nurmukhlis says :

    Apa yang akan terjadi jika gaya Coulomb hilang atau tidak ada?

  6. nelly says :

    tolong bantuin cara menghafal rumus fisika ,cepat,mudah dan praktis untuk di mengerti???

  7. edyson says :

    Gimana kita dapat memahami gaya” yang bekerja pada “kesetimbangan benda tegar” dengan cepat dan paham???

    tolong dong bantu saya…

    klo bisa buatkan teori dan contoh soal nya yang jelas dan terperinci…

    terimakasih…

  8. aNie says :

    met ciang
    saya ani saya siswa klz 3 smk d samarinda saya mw tanya
    ada g perideksi soal soal buat tahun ini
    n saya bisa mina tolonh g
    klo blh saya minta tolong
    apa maksud dari perhitugan gaya listik n apa aja rumus x
    pleesssss

    lo bisa krm kan k alamat e mail saya yah

  9. duniakufisika says :

    sebelumnya terima kasih atas pertanyaannya

    gaya coulomb itu gaya dasar dan sangat penting dalam kehidupan. Partikel dasar adalah elektron yang terikat di alam atom melalui gaya coulomb ini. dan atom adalah substansi dasar dan pembentuk semua materi yang ada di alam ini. jika gaya coulomb tidak ada, tidak akan pernah ada atom dan tidak akan pernah terbentuk amteri seperti yang ada dan kita lihat seperti ini.

    demikian dulu dari saya terima kasih

  10. Suhari says :

    kalo menurut saya, sebenarnya fisika dikatakan sulit itu sangat relatif. yang pertama, fisika identik dengan matematika. ada menghitungnya. dan kita tahu matematika juga momok terhadap siswa siswa. sehingga maklumlah, kebanykan yang ga suka matematika juga tidak menyukai fisika.
    yang kedua, pengajaran di sekolah. banyak guru yang menuntut siswa untuk hafal banyak rumus. dengan saklek. dan tidak disertai dengan triks ringan untuk menghafalnya. terima kasih.

  11. duniakufisika says :

    untuk mas Suhari

    terima kasih atas tanggapannya

    Memang diperlukan kreasi dan inovasi dalam mengajarkan fisika di sekolah. ini tantangan buat kita para pecinta fisika untuk membuat metode yang kreatif yang membuat fisika enjoy di mata siswa.

  12. bagus mld* says :

    apa yg menyebabkan gelombang elektromagnetik bisa merambat di vakum?

  13. bayu says :

    jawaban untuk bagus

    gel EM bukan merupakan variasi tekanan sebagaimana gel bunyi (gel longitudinal) sehingga tidak memerlukan medium. gel EM terdiri dari medan listrik dan medan magnet yang berubah secara kontinu. jadi gel EM dapat merambat tanpa medium dan di vakum

  14. sebian jayadi says :

    once more please,setidaknya terangkan apa yang di paparkan stephen wolfram dengan eksperimennya di TNKS itu?

  15. AGUS says :

    bagi saya pendidikan belum sepenuhnya dunia pendidikan eksak, padahal menurut hemat saya, derajat pendidikan indonesia ada karena ilmu eksak kita contonya olimpiade fisika matematika. n kemajuan negara india dikarenaka dunia fisika di erhatikan coba berapa banyak uang kita untuk memperhatika politi tapi buat pendidikan eksak tida sangat di sayang, mana ada yang pedulia am pljrn eksa dria sekian capres n cawapres….

  16. bayu pamungkas says :

    bagaimanakah menghitung besarnya gaya pada sebuah besi yang ditarik oleh magnet? bagaimanakah perumusannya? sebagaimana kita tahu perumusan gaya magnet umumnya F = BIl sin (alpha). lalu bagaimanakah besarnya gaya magnet pada besi yang bahkan tidak memiliki arus listrik?

  17. vandiesel says :

    saya mohon bantuannya dgn soal di bawah ini,sbab saya belum begitu paham dgn hukum thermodinamika

    soal:
    suatu balon berisi 26.000 Ft kubik hydrogen pada temperatur 70 derajat F dan tekanan 14 Lb/in kuadrat
    ditanya:
    a. berapa pound (lb) massa udara yang terdapat pada balon?
    b. berapa gaya keatas (lift) dari balon bila berada dalam udara dengan temperatur dan tekanan yang sama dengan hydrogen tersebut
    c. berapa volume yang di tempati hydrogen pada suatu ketinggian dengan tekanan 2 lb/in kuadrat dan temperatur -70 derajat farenheit (udara luar)
    catt;
    Ro: 1545
    R udara = 53,35 ft.lb/lbm. derajat reamer
    grafitasi = 32 ft/sec
    1 slug = 32,2 lbm
    p = 14 lb/in2 -

  18. wulan anggraeni says :

    ih..
    kata siapa?? fisika tuh susah??
    fisika tuh gampang banget lagi !! gua lebih suka pelajaran fisika..,suka banget.!!! tapi kenapa sih?? ko oarang – orang bilang fisika tu susah??
    belajar deh?? pasti bisa ko !!!!!!

  19. zafitra says :

    fisika itu mengasyik kan…….. dan sangat mendukung masa depan kita ………..

  20. zafitra says :

    WULAN…… kamu sma dimana?

  21. restu kuasa says :

    sesunguhnya fisika,matematika,dll ntu gg da yg sulit hanya kta yg tidak mau mngenal lbih jauh plajaran tersebut…

    sutu plajaran itu d ibaratkan sperti pacaran…
    jika kta tdak mau mngetahui siapa sbnarnya pasangan kta,tdak mau mngerti ap maunya pasangan kta, ap yg akan trjadi? jawabannya adalah tdak akan trjalin hubungan trsebut….

    jadi perlakukanlah pelajaran fisika ini sprti pacar kta yg saangat kta sayangi…
    insya Allah kta tdak akan mnemui kesulitan….

    thanks….

  22. al_ni says :

    kok pelajarannya g ngrti-ngrti sih????

  23. dwi says :

    bagaimana cra nya blajar fisika???

  24. ainil says :

    leh nanya kan……………
    bisa g’ anda menjelaskan ma saya istilah dari sinar polikromatik…????????????

  25. dunia fisika says :

    @ainil

    sinar polikromatik berarti sinar yang terdiri dari banyak panjang gelombang (dari kata poli yang berarti banyak). sinar polikromatik akan terurai menjadi berbagai warna ketika dilewatkan pada prisma. peristiwanya disebut dispersi cahaya. sinar polikromatik terdiri dari cahaya berwarna merah – jingga – hijau – biru – ungu biasanya disingkat me-ji-ku-hi-bi-u. satu cahaya warna merah (misalnya) disebut dengan cahaya monokromatik.

  26. zulfikar says :

    assalamualaikum

    sebenarnya masalah ini sangat mendasar

    akar dari masalah ini dikarenakan siswa tidak memahami apa itu fisika yang sebenarnya. guru2 cenderung memberikan materi yang digunakan untuk ujian bukan menguji konsep yang dimiliki siswa.

    konsep dasar seringkali lepas dari pengajaran dan terlalu menekankan pada hitungan saja

    dari murid sendiri mereka juga kurang memperhatikan gurunya sehingga apa yang sebenarnya mudah menjadi amat sulit.

    solusi saya antara guru & murid harus ada komunikasi yang jelas. Disini metode sangat berperan penting dalam pengajaran. tidak hanya fisika namun juga mapel yang lain

  27. be_lhin says :

    gmna sich cra nya agar ska ma pljrn ipa fisika…..?

  28. Yani says :

    menurut saya sich ptama kita harus suka sama guru yg ngajar dlu,, tpi itu mnurut saya….

    Yani
    SMP ANDREAS

  29. anggit says :

    cara menghafalkan rumuz dengan benar bgaimana ya cara nya

  30. alfn says :

    apa semua benda memiliki muatan listrik?

  31. alfn says :

    saya mw tanya>>>>>>>>>>>>apa semua benda memiliki muatan listrik statis?

  32. assunnah99 says :

    cara menghafal rumus :
    1.Kurangi berbuat jahat(30%)
    2.Makan madu atau kurma(30%)
    3.Kurangi makan(30%)
    wallohua’lam

  33. assunnah99 says :

    10 % lagi mengulang ulang membaca rumus

  34. sonia gandi says :

    .Ibuk/bapak yng membaca komen saya ini.,
    tlong bantu saya
    saya sonia tidak mengerti tentang daya(kls VIII SMP)
    KArna saya belum paham dengan cara menjumlahkan.a
    dan guru saya mejelaskn dengan cara cepat.,
    jadi sonia minta pejelasan/ rumus”.a

    TRIM’S,.

  35. Saya says :

    Wktu msih smp sya sneng bgt ama fska n mtematka, karna grunya enak..
    Tpi smenjak sma sya udah gak tertarik sma kedua pelajaran itu lagi,. Kecuali mtk, kalo mtk sya masih mending rada2 lumayan bsa,, saya itu udah buta ama fska..
    Apalgi klo udh dsuruh ngerjain soal,, udah nangis dluan sya..
    Kalo guru sekolah sih enak juga lumayan,, tpi gru les sya yang saya krang suka, gak jelas ngajarnya..
    Kta org2 fisika itu mudah kalo udh tau konsep terus logikanya jalan,,
    tapi logika sya gak bsa jlan..
    Tolongin dong gmana cranya supaya saya lebih suka sama ke dua mata pelajaran itu lgi !!
    Terus bagaimana cara logika sya bsa jalan. !!

  36. assunnah99 says :

    saran saya bagi para pelajar,sebaiknya perdalam ilmu agama islam dengan baik dalam hadist dan quran,insya Alloh setiap pelajaran termasuk fisika jadi mudah,telah saya buktikan dan sejak smp saya berhasil meraih juara umum sampai sma nilai fisika sy >9 saat ujian

  37. anto says :

    ada teori yang menyatakan tuhan tidak ada dengan hukum fisika yang menyatakan bahwa materi dan energi bersifat kekal, sehingga konsekuensinya materi dan energi ada dengan sendirinya , dia tidak di ciptakan dan dia tidak dapat dimusnahkan… bagaimana fisika menjelaskan tuhan ada?

  38. Easeltpeamfap says :

    dobry poczatek

  39. Shannon says :

    ist onderword

  40. Rani septiani says :

    Mw nanya nih
    ada soal kya gni
    beban bermassa 9 kg digantung pd langit2 dgn menggunakan tali. Jika sistem seimbang maka besar tegangan tali BA adalah?
    Nah tali BA ntu letak.a d atas gmn tuh cra ngerjainnya??
    Mohon d bantu

  41. hanif says :

    boss,, Teori “whintaker” tentang pelepasan panas secara konveksi apa ya??

  42. fikri says :

    tolong di jawab ya,
    sebuah balok massa m bergerak dengan kecepatan v pada suatu bidang kasar dengan koefisien gesekan @ dan ia menumbuk pegas sampai pemampatan maksimum pegas adalah x, jika kosntanta gaya pegas k, maka kecepatan balok menumbuk pegas dapat dirumuskan sebagai?

  43. fikri says :

    untuk blog fisika ini lengkap banget ya semua buku fisika tingkat universitas bisa siap di download, tapi sepertinya tidak demikian untuk matematika, sepertinya belum ada blog yang menyediakan buku matematika tingkat universitas ynag lengkap n siap di download……
    padahal saya dari pendidikan matematika sangat memerlukan buku2 itu

  44. kabeono says :

    menurut saya fisika itu menyenangkan, tapi perlu pemahaman bukan hanya menghafal rumus. rumus itu hanya sampingan saja. jika kita memahami konsepnya. maka kita akan hafal rumus dengan sendirinya. perluu di tanamkan dalam hati bahwasanya fisika itu menyenangkan. memang menyengangkan

    perlu anda ketahui. berbanggalah anda yang cinta dengan fisika karena fisika itu mulia. semua bisa di jangkau dengan fisika. banyak ilmuan yang berkata bahwa sain itu hanya terdiri dari fisika . uuntuk itu. mulailah memperdalam fisika. bukan menghafal fisika.

  45. Pacalaya says :

    Assalamualaikum Wr Wb,
    Mohon ijin mas ,
    Barangkali link dari kami bisa membantu adek-adek yang mencari komponen elektronika original
    http://www.warungrobotika.com atau http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5769513

    Mohon dihapus , bila menurut mas mengganggu.
    Terimakasih

    Pacalaya

  46. regii says :

    tolong bantu sya donk,,, cara yang pling mudah tk mnghafal rumus fisika caranya gmna ?????

    . karna pertngahan di bulan november saya mau lomba,,,, saya di tekan oleh guru saya suapaya saya mndaptkan kejuaraan itu…..

    . bisa bntu saya gk ???
    MKSIHH

  47. Ich Stern Virgo says :

    kalau ada soal kayak gini gimana selesaikan-nya ( jalannya )

    dua buah muata berada pada jarak r memiliki gaya coulomb F Berapakah besar gaya coulomb jika muatan jaraknya diubah menjadi 2 kali semula ?

    Tolong di jawab ya…

  48. XE says :

    .9mNa cRa meNghAfAl n mEnghiTun9 notAsi fiSIka…??
    .hElp mE…pleAse…!!!

  49. Husnul Aini says :

    mw tanya ne

    gmana cara ngitung massa jenis manusia?

  50. aaqilah says :

    Fisika tu gampang2 susah.. kalo cuma ngapalin rumus ya gampang, kl dah masuk problem solving wkwk mumet gilak!

    Fisika tu asik2 nyebelin, asik kl materi di sekolah sedikit tapi fokus dan penuh dengan eksperimen.. nyebelin kl cuma disuruh hafalan rumus, kagak bisa menghafal, mumet :D :p

  51. fadhol says :

    mengenai teori big bang nih gan, kok ane kurang srek ya. kalau misalnya teori itu dpt di temukan dengan utuh, apa g menutuo kemugkinan nanti manusia bisa menciptakan suatu ekosistem baru gan? terus, kapan kiamat?

  52. fadhol says :

    yah, fisika itu rumus awal cuma 1. ente merujuk ke hukum 2 newton. smwa pasti akan terjawab. insyaallah.

  53. Reski Udayani says :

    mw tanya,,apa aja fenomena medan magnet dalam kehidupan shari” nah ?selain tntang aurora,,bantu donk,,,,,

  54. Amaq Amet says :

    ada yg punya RPP Fisika SMA, tolong dong di kirim ke alamat email ku: smanbal@gmail.com

  55. Munawir says :

    Bagaimana caranya supaya aku suka sama fisika? tolong ya kasih tahu.

  56. WAHYU ARYADI says :

    Ada temuan energi baru yaitu energi gelembung, untuk lebih jelasnya lihat blog saya, yang pasti masih berhubungan dengan fisika

  57. Reski Udayani says :

    mw tanya ea,,apa semua gelombang dapat berprilaku sebagai partikel ?

  58. Fhadillah says :

    Kak gmana y,klw ada guru fisika d sklah trz d luar sklah jd guru les fisika pula..trz pd saat m0 ulangan bliau beri materi yg benar2 mirip dg soal nya..
    Kami yg ga’ ikut les ngerasa ga’ adil..kmi susah payah blajar dr awal sampe akhir,,tp mereka malah enak2n gak ngafal bnyak..tlng tanggapan ny y kak
    trims.

  59. Fhadilah says :

    kak gmana y kalw ad gru fis xg ga’ adil…

  60. dunia fisika says :

    untuk Fhadilah:

    emang banyak guru yang mengajar les di luar jam sekolah. tapi mustinya ngajar lesnya bukan kepada siswa di sekolah atau di kelas yg diajar/diasuhnya. kesannya memang jadi keliatan kurang adil krn ada yg dapet pelajaran lebih tapi yg lain ga dapet. tapi maklum juga buat guru yg ngajar les krn ingin dapat tambahan penghasilan.

  61. rahmat says :

    saya mau tanya2,seputar radiasi tv

    1. bagaimana y pak mengukur tingkat radiasi pada tv 14″, (jarak
    brap, radiasinya berapa dan dampaknya ap)
    2.sebenarnya tinggkat radiasi tv itu berdasarkan jarak, lama
    menonton ato apa y pak
    3.besar manakah radiasi yg ditimbulkan, disaat menghidupkan tv
    pertama kali ato setelah hidup pak

    mungkin sekilan dulu pak pertanyaan saya, saya mohon sekali jawaban dari bapak, karena saya ingin tahu sekali,

  62. hendra says :

    ka pengen tanya kenapa si kalau ngerjain fisika to malas duluan trus tidak suka sama pelajaranya ?
    mohon solusinya ya ka

  63. espo biring says :

    karena meraka menilai dari gurunya
    jika mereka tdk suka dng grunya mka otomatis mereka tdk suka pljrnnya dan tidak mau memahaminya

  64. lisa lusita says :

    Saya ingin meminta informasi tentang aplikasi fisika dalam harpa laser..,, jika tau kirim di emai saya; sita.az.zahira.naxmaf2@gmail.com

  65. Anindya Nur Lathiva says :

    karena kebanyakan pelajar tidak suka menghafal rumus yang begitu panjang dan cara guru mengajarkan fisika itu sendiri

  66. khoirul insan says :

    izin tanya, apakah bandul matematis dapat digunakan untuk mmbandingkan nilai gravitasi di dua tmpat yg brbeda ktinggian (puncak gunung dan dasar laut)?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 752 other followers

%d bloggers like this: