Alat Optik

Cermin dan lensa serta prinsip kerjanya memberikan sarana pemahaman bagi pemanfaatannya untuk mempermudah dan membantu kehidupan manusia. Alat-alat yang bekerja berdasarkan prinsip optik (cermin dan lensa) digolongkan sebagai alat optik.

Mata

Salah satu alat optik alamiah yang merupakan salah satu anugerah dari Sang Pencipta adalah mata. Di dalam mata terdapat lensa kristalin yang terbuat dari bahan bening, berserat, dan kenyal. Lensa kristalin atau lensa mata berfungsi mengatur pembiasan yang disebabkan oleh cairan di depan lensa. Cairan ini dinamakan aqueous humor. Intensitas cahaya yang masuk ke mata diatur oleh pupil.

Bagian-bagian mata

Bagian-bagian mata

Cahaya yang masuk ke mata difokuskan oleh lensa mata ke bagian belakang mata yang disebut retina. Bentuk bayangan benda yang jatuh di retina seolah-olah direkam dan disampaikan ke otak melalui saraf optik. Bayangan inilah yang sampai ke otak dan memberikan kesan melihat benda kepada mata. Jadi, mata dapat melihat objek dengan jelas apabila bayangan benda (bayangan nyata) terbentuk tepat di retina.

Lensa mata merupakan lensa yang kenyal dan fleksibel yang dapat menyesuaikan dengan objek yang dilihat. Karena bayangan benda harus selalu difokuskan tepat di retina, lensa mata selalu berubah-ubah untuk menyesuaikan objek yang dilihat. Kemampuan mata untuk menyesuaikan diri terhadap objek yang dilihat dinamakan daya akomodasi mata.

daya akomodasi mata

daya akomodasi mata

Saat mata melihat objek yang dekat, lensa mata akan berakomodasi menjadi lebih cembung agar bayangan yang terbentuk jatuh tepat di retina. Sebaliknya, saat melihat objek yang jauh, lensa mata akan menjadi lebih pipih untuk memfokuskan bayangan tepat di retina.

Titik terdekat yang mampu dilihat oleh mata dengan jelas disebut titik dekat mata (punctum proximum/PP). Pada saat melihat benda yang berada di titik dekatnya, mata dikatakan berakomodasi maksimum. Titik dekat mata disebut juga dengan jarak baca normal karena jarak yang lebih dekat dari jarak ini tidak nyaman digunakan untuk membaca dan mata akan terasa lelah. Jarak baca normal atau titik dekat mata adalah sekitar 25 cm.

Adapun, titik terjauh yang dapat dilihat oleh mata dengan jelas disebut titik jauh mata (punctum remotum/PR). Pada saat melihat benda yang berada di titik jauhnya, mata berada dalam kondisi tidak berakomodasi. Jarak titik jauh mata normal adalah di titik tak hingga (~).

Rabun Jauh dan Cara Memperbaikinya

Orang yang menderita rabun jauh atau miopi tidak mampu melihat dengan jelas objek yang jauh tapi tetap mampu melihat dengan jelas objek di titik dekatnya (pada jarak 25 cm). titik jauh mata orang yang menderita rabun jauh berada pada jarak tertentu (mata normal memiliki titik jauh tak berhingga).

Rabun jauh dapat diperbaiki dengan menggunakan lensa divergen yang bersifat menyebarkan (memencarkan) sinar. Lensa divergen atau lensa cekung atau lensa negatif dapat membantu lensa mata agar dapat memfokuskan bayangan tepat di retina.

miopi dikoreksi menggunakan lensa negatif

miopi dikoreksi menggunakan lensa negatif

Jarak fokus lensa dan kuat lensa yang digunakan untuk memperbaiki mata yang mengalami rabun jauh dapat ditentukan berdasarkan persamaan lensa tipis dan rumus kuat lensa.

pers01pers02Di sini jarak s adalah jarak tak hingga (titik jauh mata normal), dan s’ adalah titik jauh mata (PR). Prinsip dasarnya adalah lensa negatif digunakan untuk memindahkan (memajukan) objek pada jarak tak hingga agar menjadi bayangan di titik jauh mata tersebut sehingga mata dapat melihat objek dengan jelas.

Rabun Dekat dan Cara Memperbaikinya

Orang yang menderita rabun dekat atau hipermetropi tidak mampu melihat dengan jelas objek yang terletak di titik dekatnya tapi tetap mampu melihat dengan jelas objek yang jauh (tak hingga). Titik dekat mata orang yang menderita rabun dekat lebih jauh dari jarak baca normal (PP > 25 cm).

Cacat mata hipermetropi dapat diperbaiki dengan menggunakan lensa konvergen yang bersifat mengumpulkan sinar. Lensa konvergen atau lensa cembung atau lensa positif dapat membantu lensa mata agar dapat memfokuskan bayangan tepat di retina.

hipermetropi dikoreksi menggunakan lensa positif

hipermetropi dikoreksi menggunakan lensa positif

Jarak fokus lensa dan kuat lensa yang digunakan untuk memperbaiki mata yang mengalami hipermetropi dapat ditentukan berdasarkan persamaan lensa tipis dan rumus kuat lensa.

pers011pers03Di sini jarak s adalah jarak titik dekat mata normal (25 cm), dan s’ adalah titik dekat mata (PP). Prinsip dasarnya adalah lensa positif digunakan untuk memindahkan (memundurkan) objek pada jarak baca normal menjadi bayangan di titik dekat mata tersebut sehingga mata dapat melihat objek dengan jelas.

Kaca Pembesar

Kaca pembesar atau lup digunakan untuk melihat benda kecil yang tidak bisa dilihat dengan mata secara langsung. Lup menggunakan sebuah lensa cembung atau lensa positif untuk memperbesar objek menjadi bayangan sehingga dapat dilihat dengan jelas.

180px-magnifying_glass2Bayangan yang dibentuk oleh lup bersifat maya, tegak, dan diperbesar. Untuk mendapatkan bayangan semacam ini objek harus berada di depan lensa dan terletak diantara titik pusat O dan titik fokus F lensa. untuk menghasilkan bayangan yang diinginkan, lup dapat digunakan dalam dua macam cara, yaitu dengan mata berakomodasi maksimum dan dengan mata tidak berakomodasi.

Lup dapat digunakan dengan mata berakomodasi maksimum untuk mendapatkan perbesaran bayangan yang diinginkan. Agar mata berakomodasi maksimum, bayangan yang terbentuk harus tepat berada di titik dekat mata (s’ = sn = jarak titik dekat mata).

lup3-300x105Perbesaran bayangan yang dihasilkan oleh lup dengan mata berakomodasi maksimum adalah

pers09Dimana P adalah perbesaran lup, sn adalah jarak titik dekat mata (sn = 25 cm untuk mata normal), dan f adalah jarak fokus lup.

Menggunakan lup dalam keadaan mata berakomodasi maksimum membuat mata menjadi cepat lelah. Agar mata relaks dan tidak cepat lelah, lup digunakan dalam keadaan mata tidak berakomodasi. Untuk mendapatkan perbesaran bayangan yang diinginkan dalam keadaan mata tidak berakomodasi, bayangan yang terbentuk harus berada sangat jauh di depan lensa (jarak tak hingga). dalam hal ini objek harus berada di titik fokus lensa (s = f).

lup2-300x2041Perbesaran bayangan yang dihasilkan oleh lup dengan mata tidak berakomodasi adalah

pers051Dimana P adalah perbesaran lup, sn adalah jarak titik dekat mata (sn = 25 cm untuk mata normal), dan f adalah jarak fokus lup.

Mikroskop

Perbesaran bayangan yang dihasilkan dengan menggunakan lup yang hanya menggunakan sebuah lensa cembung kurang maksimal dan terbatas. Untuk mendapatkan perbesaran yang lebih besar diperlukan susunan alat optik yang lebih baik. Perbesaran yang lebih besar dapat diperoleh dengan membuat susunan dua buah lensa cembung. Susunan alat optik ini dinamakan mikroskop yang dapat menghasilkan perbesaran sampai lebih dari 20 kali.

Sebuah mikroskop terdiri atas dua buah lensa cembung (lensa positif). lensa yang dekat dengan objek (benda) dinamakan lensa objektif, sedangkan lensa yang dekat mata dinamakan lensa okuler. Jarak fokus lensa okuler lebih besar daripada jarak fokus lensa objektif.

mikroskop dan bagian-bagiannya

mikroskop dan bagian-bagiannya

pembentukan bayangan pada mikroskop

pembentukan bayangan pada mikroskop

Objek yang ingin diamati diletakkan di depan lensa objektif di antara titik Fob dan 2Fob. Bayangan yang terbentuk oleh lensa objektif adalah I1 yang berada di belakang lensa objektif dan di depan lensa okuler. Bayangan ini bersifat nyata, terbalik, dan diperbesar. Bayangan I1 akan menjadi benda bagi lensa okuler dan terletak di depan lensa okuler antara pusat optik O dan titik fokus okuler Fok. Di sini lensa okuler akan berfungsi sebagai lup dan akan terbentuk bayangan akhir I2 di depan lensa okuler. Bayangan akhir I2 yang terbentuk bersifat maya, diperbesar, dan terbalik terhadap objek semula.

Perbesaran yang dihasilkan mikroskop adalah gabungan dari perbesaran lensa objektif dan perbesaran lensa okuler. Perbesaran lensa objektif mikroskop adalah

pers062Dimana Pob adalah perbesaran lensa objektif, s’ob adalah jarak bayangan lensa objektif dan sob adalah jarak objek di depan lensa objektif.

Adapun perbesaran lensa okuler mikroskop sama dengan perbesaran lup, yaitu sebagai berikut.

pers072

untuk mata berakomodasi maksimum

pers08

untuk mata tidak berakomodasi

Dimana Pok adalah perbesaran lensa okuler, sn adalah jarak titik dekat mata (untuk mata normal sn = 25 cm), dan fok adalah jarak fokus lensa okuler.

Perbesaran total mikroskop adalah hasil kali perbesaran lensa objektif dan perbesaran lensa okuler. Jadi,

P = Pob × Pok

Hal-hal penting yang perlu diketahui berkaitan dengan mikroskop:

(1)jarak antara lensa objektif dan lensa okuler disebut juga panjang tabung (d). panjang tabung sama dengan penjumlahan jarak bayangan yang dibentuk lensa objektif (s’ob) dengan jarak benda (bayangan pertama) ke lensa okuler (sok).

d = s’ob + sok

(2)menggunakan mikroskop dengan mata berakomodasi maksimum berarti letak bayangan akhir berada di titik dekat mata di depan lensa okuler. Jadi, dapat dituliskan

s’ok = −sn

(3)menggunakan mikroskop dengan mata tidak berakomodasi berarti jarak benda di depan lensa okuler (sok ) berada tepat di titik fokus lensa okuler (fok). Jadi, dapat dituliskan

sok = fok

Teropong Bintang

Bintang-bintang di langit yang letaknya sangat jauh tidak dapat dilihat secara langsung oleh mata. Teropong atau teleskop dapat digunakan untuk melihat bintang atau objek yang letaknya sangat jauh.

Teropong terdiri atas dua lensa cembung, sebagaimana mikroskop. Pada teropong jarak fokus lensa objektif lebih besar daripada jarak fokus lensa okuler (fob > fok). Teropong digunakan dengan mata tidak berakomodasi agar tidak cepat lelah karena teropong digunakan untuk mengamati bintang selama berjam-jam. Dengan mata tidak berakomodasi, bayangan lensa objektif harus terletak di titik fokus lensa okuler. Dengan demikian, panjang teropong (atau jarak antara kedua lensa) adalah

d = fob + fok

dimana fob adalah jarak fokus lensa objektif dan fok adalah jarak fokus lensa okuler.

Adapun perbesaran P yang dihasilkan oleh teropong adalah

pers10

About these ads

Tags: , , , , , , ,

About duniakufisika

Sesuatu yang besar berawal dari sesuatu yang kecil. From zero to hero

245 responses to “Alat Optik”

  1. Vincent says :

    makasi yah uda buad nieh artikel
    jd ngerti deh
    ^^
    ud mau ujian, makanya cari sumber kek ginian

  2. yttg says :

    …….

  3. AKS says :

    Terima kasih atas artikelnya. Saya kurang mahir materi ini dan semua buku kumpulan rumus (entah mengapa) melupakan menuliskan singkatan yang mereka gunakan untuk rumus itu artinya apa, sehingga membingungkan, jadi artikel ini adalah suatu penyelamat bagi saya, haha.

    Mungkin ada baiknya bila rumus: 1/f = 1/s + 1/s’ ditambahkan, karena itu sering sekali digunakan (terutama dalam soal mikroskop, whew)~

  4. farah says :

    thx ya buat artikelnya, jadi gampang ngerjain tugas nih..

  5. shary says :

    hahaha,,,
    tugaz newh!!!!

    numpuk!!!

    cari d sini jga dewh!!!

  6. aulia says :

    thx tapi koq ad ayang eror ya
    tp lumayanlah tugasnya selasai

  7. dee says :

    tugas banyak !!! stress d!! akakakaa xp

  8. iCaN says :

    Bozzz…
    Mksih yawhhh…
    Jadiii gmpang ngerjainn tugaszzz…
    hehehehehe…

  9. . Rast . says :

    . thx iah .
    . Rast jdii gmpang ngrjaint tgast .
    . ahaii .

  10. lina says :

    fsika bkin pusing az !

  11. DRY_luv Green says :

    thanks banget ya…buat artikelnya!
    jdi gampang nyari tugas niy !
    thanks banget!!

  12. rahman says :

    thx bwt artikelnya yuph…
    jdi gampang ngerjain tgsnya

  13. Farida says :

    Terimakasih ya atas artikelnya, jd nambah ilmunya deh..

  14. Citra says :

    Thank you buat artikelnya, sangat membantu!
    Di sekolah aku pelajarnnya sama persis sama materi ini, tapi kalau di sekolah, rada susah untuk mengertinya, jadi dengan artikel ini, aku kebantu banget.

    Sekali lagi thx ya!

  15. renda says :

    hei.. makasi ya udah nulis artikel ini
    soalnya aku rada gaptek sama fisika. hehehehehehehe ^^

  16. viani says :

    makasih bgd ya…..
    artikelnya membantu sekali…..

  17. Reza says :

    mkasiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiih bget artikelnya

  18. King says :

    Thx atas ArtikelNya Jadi GA di Omelin ama Guru ^^

  19. rha_rha says :

    kok ga ada gambar2 alat optik cie…………..

  20. rha_rha says :

    adu…du………..q pusing buangeettttttttttt deh tugas’na susah………….

  21. rha_rha says :

    siapapun yang baca tau gak…………………k’lo susah bangetttttttttt tugas q………..bantuin q donk………….ke sini……….

  22. rha_rha says :

    thank’sssssssssssss artikel c0z dah bantuin q sekaliiiiiii lgiiiii thnk’

  23. xy says :

    makasi ya aq dah dapat tugas aq deck

  24. ichaaaaa........ says :

    thxx…….

    dddddddddddddddddddaaaaaaaaaaahhhhhhh…
    sukur allhamdulillah,,tugas jadi lebih gampang di kerjain..

    byeeeeeee…..

  25. chacheL says :

    makasi buat artikelnya …

    sekalian sama video pembelajarannya dong ….
    biar lebih mudah kand kalu ngeliat video . ga hanya baca ajah .
    makasi sebelum dan sesudahnya .

  26. Civara says :

    Thanks bgt!
    artikelnya bisa membantuku mengerjakan tgz2 kuliah.

  27. vita says :

    bete ihh punya guru ngasih tugas yang hese aaahhh

  28. fa ja r says :

    thaxs dh nyediain artikel………….ne

    ad tugas neh…………

    thxs ya…….di upload lg dong…………

  29. aa darwita says :

    terimakasih atas sarananya

  30. alvey says :

    thx akhirnx tugas dr bu chatriene bs q selesein….

  31. KEVIN says :

    thanks yach atas artikel2 nya,tambahin lagi dong biar tambah lengkap

  32. giovani says :

    terima kasih infonya

  33. puput inella says :

    mkcih yaw……..taz matery_matery nya.sngaT MmBAntu qu dlm mngrjakan tgaz fisika,,,,,,,,,oz BZOx mu BwT pResentasi.

  34. nadya says :

    wokke bgd ni web,mbantu gue bgd!!!!!!!!!!!!!!!!!

  35. wihank says :

    thanks banget y… artickel ini bantu banyakl buat tugas w

  36. samsol says :

    peh..
    alkamdulillah…
    suon nggeeh..
    atas artikel e..

  37. arifin says :

    thanks BGT nie bner2 berguna!!!!

  38. sapa ajah .. says :

    thx yaa … tp kurang lengkap :'(

  39. amalia says :

    thank’s
    allhamdulillah
    tugas aku
    dah selesai

  40. anisa says :

    bisa dtambahin lg gak materinya…
    kan masi ada alat optik yang laen…sprti kamera…

  41. cheny says :

    duh,,,gambar mikoskopnya kok kurang jelas sihh….

    teruz kok gg ada fungsinya..
    bikinin yg lengkap dong…pleas..

    soal.a gi b.a tugas nii…

  42. windi laiya says :

    Thx bwangeeet…
    krna artkel ni,aq N nmet2 jdi mdah deh ngrjain tgazx…!!!

  43. nathira nurul says :

    yah, artikel tentang kamera kok gak ada?
    aku dapat tugas tentang iitu soalnya :(

  44. nei quu nii-saa says :

    mkceh bwat artikel’a,,jdi bsa tmbah wa2san,,,,,
    pngen mcuk ipa neee.
    do;ain ea,,,

  45. AcHa says :

    Thx yaCh……….aTs ArTikeLx

    Tererenk Kyu………

  46. AcHa says :

    Tererenk kYu………….. tUgaS Q jDi Seles nIE

    MoGa suksEs sLalu . .. . . . . . !!

  47. ichal says :

    terima kasih atas informasinya

  48. diska says :

    ahhahahhaha.. tetep ga ngerti. emang udah dasarnya bodoh

  49. Monica says :

    thnks ya…

  50. fiesta says :

    thank’s iia udh nyiappin artikel neeh…..

  51. eky says :

    thkz,,
    atz info`a
    tugs sya jd cpt selesai nue,,

  52. sakura says :

    HOEEEEEEEEE~~~~!!!
    Please, whoever~~
    teach me ab this CHAPTER~~
    I cant understand~~

  53. dewi says :

    trimakasih atas artikelnya………..

  54. acep says :

    trims menambah wawasan saya

  55. phoenix says :

    makacie bngt y,,, artikel nya sgt mmbntu tgas sya… thankz…. hakz,,hakz

  56. duniakufisika says :

    terima kasih atas komen dan tanggapannya. mohon maaf belum bisa merespon semua pertanyaan atau komen yang diajukan disini.

  57. AmMiey says :

    ThAnKz yEah. . .

    Dh bAnTu gUe bKin tUgAz eN jd taU tEtNg aLaT2 oPtiK. . .

    Bkn cUmA tTg mAtA tPi jG mNcAkUp sMuA, sMpE kAmeRa-Lup-miKrOsKop, dLL. . .

    Bye. . . .

  58. Dhelia says :

    waw…… Nie artikel kereen bangettt…

  59. ein,,, says :

    tHanKx
    artikel’a

    udh ngebantu Q BUAT TUGAS

  60. icAh says :

    vEry gOOOOOOOOOOOOOOOOOOooooooooooooooooooooooooooood!!!!!!!!

  61. QQ says :

    Makasih yah Artikelnya , Jadi gampang ngerjain TUGAS nih , :D

  62. nufus says :

    thanks yaaaaaaaaaaaaa

  63. as says :

    :) sangat membantu saya untuk menyelesaikan tugas saya….

  64. ada aj says :

    ngomong2 kesimpulannya ap????
    (mau bikin presentasi >.<)

  65. revita says :

    ahh,,sial gru ngasih tgs giLa..
    huft >.<

  66. revita says :

    tpi thks yh artikelx hho…
    gmpg jg nni krjainx… :)

  67. AAA says :

    AAA Kurang lngkap artikelx tlng donk lngkpi lgi! tntng mikroskop!

  68. Aini Karishma says :

    wah, bgs nih info! apalagi yang buat anak ujian smstr2 bgs….bgs…bgs…

  69. Micha says :

    menurutku bgs…nih info! ;) :) <3

  70. Micha says :

    This great info ..

  71. Micha says :

    the overall effect is very good info .. .. let alone being a test level 2 :D

  72. inTaN says :

    wiiihhiiyy… .!! mksih . .
    numpang copy paste eap. . !!
    thx lowh .. .!!

  73. arif aza says :

    adu,,,,bxak bangeetttt,,,jdix pusing,,,,tgas pa tgas ini,,,,!!!!

  74. arif aza says :

    adu,,,adu,,,,jdix pusing,,,,tgas x baxk bangetttss,,,tgas pa tgas in……!!!!!!!

  75. bryan says :

    thnks akhir nya q bs ngrjain tgz

  76. VITRA says :

    MAKASIH???

  77. rahmat says :

    lbh lengkap dnk

  78. CR7 says :

    Ohh…
    I just need the loop article. it just little!!!!
    why?

  79. nindya says :

    mksih ya tgs w jd siesai deh

  80. robet efriyenef says :

    yang lebih lengkap lagi donk!!!!!!!!!!!!!!!

  81. ferry says :

    gaX da yang ledihhhhhhhh lengkPPPPP pa?

  82. farid says :

    kakak tolongin ane dong,gimana sih cara kerjanya kacamata itu?

    kirim mesage ke

    faridalrafi@gmail.com ya ditunggu jawabanya

  83. dheu says :

    makasih atas artikelnya akhirnya tugasku slse…

  84. Dermawan says :

    coba dong yang lebih lengkap………..

  85. agues says :

    terimakasih atas infonya . tapi lebih lengkap lagi donk !!!!!!!!!

  86. romy says :

    terimakasih banyak atas infonya . tapi lebih lengkap donk !!!!!!!!!

  87. dinda says :

    makasi bgt ya..
    tapi ada yg kurang tuh..
    teleskop nya belum..
    tugasku belum lengkaap..:(

  88. cahya_chan says :

    kug krng lngkap y materi X????

  89. novi says :

    kok contoh soal nya g’ da??????

  90. deril says :

    gan, minta contoh Soalnya ….

  91. Andre says :

    makasih artikelnya…

  92. CutiezAngelz says :

    thx ya bwat infonya.. Buat kerjain tugas nih

  93. amellyya DUTA says :

    tHx ats artkEL.a jd tw dEch,,,,,

  94. Rendy says :

    akhrnya dpt jg tntang alat optik.. thx ya he he.,,

  95. icha says :

    duh…………….
    kok lum dpat2 jg yah tntg alat2 optik……………

    dza lamload……. alz lambat loading………..haha

  96. saree says :

    agku masih kurang jelas dgn alat optiknya.

  97. Oni Ganteng Seduia [ jogjakarta ] says :

    cupu nih …
    goblog yg buat
    AKWEOKAOWEKOAKWE

  98. zhu mardotilah says :

    fisika emang bikin pusiiiiiiiiiiiiiiiiiiing
    untung aje guru nya nyokab w sendiri .
    hehehehehe
    nyokab tiri di skull doang maksud w.

  99. Vincent says :

    Koq gx ad tentang teropong bumi ama teropong panggung ya??
    Anyway, bahan yang ditulis udah bagus koq, hanya kurang lengkap.

  100. aris maola says :

    tai nungajiena]

  101. someone says :

    thanks….
    cukup mbantu aku. ^^

  102. be_lhin says :

    thank dah ngbntu q….:-)

  103. novi says :

    makasih dah bantu aku

  104. novi says :

    makasih ya

  105. Gamer says :

    terimakasih artkelnya menarik sekali,jadi lebih tahu tentang mata,aku penderita mata minus.

  106. fandy says :

    ko gak da materi ttg kamera????????????

  107. ngorosma says :

    Makasih iia……buat inFonya….
    bOleh di copy gC ke bLog Ku???

  108. AGUS says :

    BAGUS ARTIKELNYA

  109. eka says :

    tq.. ngebantu…. :)

  110. ojon says :

    thanks yo bro

  111. uwiiey says :

    like …………

  112. raenii says :

    thank’s iiia guys waT informasi’a

  113. ciTra says :

    thank’s

  114. ajeis says :

    makasih semua fisika gw jadi kelar

  115. adindot says :

    thanks banget deh tugas jadi kebantu..

  116. Dany says :

    terimah kasih banyak krn ini tugas saya selesai

  117. bayu says :

    thanksss……….. tapi msh kurang iank kamera…….

  118. ein says :

    tengkyu yah…… alx dah tgs makalah tntang nec sic.
    syukur ada artikel nec,,, sorry yac..ngopy :D

    bye2…

  119. jemi says :

    makasih ya atas aerikelnya membaut saya semakin tau

  120. Ramadhatil_mauraty says :

    makasiih yuaa artikeL.ny ;) sangat membantu ..

  121. ihsanghiandy says :

    copy kang ihsanghiandy.wordpress.com

  122. fadel says says :

    trima ksih…
    ilmu in sngat membantu lam mslah plajaran fisika maupun kimia

  123. Ladida Cafe says :

    kira2 ada contoh soalnya ngga ya?? makasii sebelumnya

  124. nurcahaya says :

    tlong buat lagi artikel terbaru yang lbh lengkp tentang optik yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

  125. reyna dini says :

    yahhh tolong lebih lengkap dong soalnya ada tugas nih tentang optik yaaa key

  126. santi says :

    thanks y qw semakin tahu tentang alat-alat optik.

  127. Toni says :

    kalo ada yang tau web alat optik kasi tau ya all

  128. anthie says :

    bisa d tulisin skaliyan ma penemunya gag……..
    pnting nich……

  129. silvy says :

    ya snagt membantu… ;)
    tapi kok nggak ada kameranya.. :*

  130. krisma jayanti says :

    bagus,,, tapi knapa nggak ada tentang teropong buumi,,, kalau ada tlong kirimin dong ke email ni krismajayanti@gmail.com
    penting,, buat presentasi bsok,, tolong dibantu yach,,,

  131. Nidh says :

    thanks ya,, may it’s useful for all.. :)

  132. ida says :

    aduch ce’ susahx ya.. pelajaran fisika

  133. Anwar januhardy says :

    Makasi ea nii sngt mmbntu aq nyelesaikan tgas. Thanx bngt.

  134. Skyle says :

    Thx gan

  135. zyla says :

    sAma Nih qw jG BaNYaK TugAS n trIM ATas ADanyA ARTIKel ni…..

  136. Rena vi andini says :

    hmmmmm kadiiie tambahh masuk otak niie..

    baguus ddech jadii nambahh ilmu saya..

    makasih ea…
    :)

  137. hariyadi says :

    makasih yakk kk artikelnya sangat membatu aq tekss

  138. ranni says :

    ssiiiiippp ddah..

  139. Raystu Pangeran says :

    Post ini membantu saya untuk bekerja sangat mudah!Terima Kasih untuk Penyusunhya!
    FISIKA maju terus!!!

  140. IRVAN FAIZAL says :

    susah kesimpulannya

  141. Eirene Walelang says :

    thx yach….
    tgznya bisa selesai… :)

  142. VheBy eBy eBy says :

    tx …
    berkat ne aq jd bnyak tw ttng alt” optik.
    adan tx jg krna aq bza ngerjain soal” yg d’brikan gru aq truzz nilai aq baguss lg ..!!!
    makasii yach …

  143. ibnu says :

    wa wa wa wa wa duuuhhhh,,,
    banyak bener comentnya,,,

  144. rizkah says :

    mkasih yya … gua jdi gga usah jauh” ngjain tugas alat optik ! :P :) :D

  145. nana says :

    ahhheemm jadi selesai deh tugas gue,, aman hehe makazih..yah buat info tentang ALAT OPTIK :)

  146. rio says :

    waw, sangat membantu

  147. sahala rtybert says :

    makasih, udah nyediain info tentang alat optik.Ini sangat membantu saya!!!

  148. RENY says :

    mkasich bwanget zaw informasi yang ada mmbwat guu bngga am sy thankz

  149. sari rahayu says :

    ddddduuuuuuuuuuuuuuhhh,gmna y ……….
    ni tugas susa banget..
    bsok mw ulangan fisika lagi..

  150. Eko prio says :

    THanks ya.. Ini saNgaT berArti bgi yg membutuhkan

  151. yuniardi says :

    emang gampang pelajara fisika n biologi

  152. Risal says :

    Makasih ya artikel nya ,, pr saya terselesaikan .. :D

  153. Kaji Nemo says :

    waduh makasoh bgt gan, smpek malem gua nggarap nih,
    eh ternyata di sinih tinggal copy ! :D

  154. sinta says :

    thank,,

  155. cozzimers says :

    iihh ,,,bagus banget artikelnya..aq jadi terkesan deh ….
    kapan kapan buat lgi ia…

  156. Eka Caka Foreisythe says :

    makasih,bngt buat artikel nya………………………………….

  157. Echa siviA says :

    thanks bnget atas artikel’a……

  158. Syelma says :

    Thanks banget yaa artikel nya.. ngebantu saya saat UAS ,,,, HEheheh

  159. rey says :

    kok ini aja kak

  160. ratna says :

    artikelny bagus bangttt

  161. arul says :

    sip… jd inget masa lalu. thanks

  162. shima enal says :

    thx …
    tugas ku lebih cepat selesai :))

  163. ANGGITAVINARILISDA says :

    pada kurang kerjaan y…………………

  164. hari says :

    ok punya gan

  165. daniel says :

    THANKS YAA…!!!! :)

  166. tri m says :

    saya guru, sains terapan, berkeinginan membuat alat-alat optik dengan bahan murah dan sederhana. bagi yang mau tahu tahu cara membuat teropong sederhana bisa di lihat di ilmuyangdiamalkan.blogspot.com

  167. habib says :

    makasih banget nihh sanagat membantu

  168. Jerrod Yoshioka says :

    Nice info. I will be back, to read your nice info.

  169. monika akinomada anggraini says :

    thx,,, yakk!! tugasnya jdi slsai dah nie :)

  170. rissa says :

    ada ngga contoh”alat optik sederhana?? misalnya kyk teropong, lup gt… ada ga?????????

  171. Vinandita Riski Gustirani says :

    makasih banget udah ada artikel ini. . .
    tugas sekolah jadi cepet selesai

  172. afdhal says :

    makasih banget udah a artikeil ini. . .
    PR sekolah jadi cepat selesai. . :)

  173. konveksi kaos jakarta says :

    Sy adalah guru bkb nf.tkesan dgn tulisannya

  174. Meiinyek says :

    alhamdulillih iaa……makacieh

  175. ghina says :

    gmana sih cara ngapal.in optik???? napa ga bisa terus ya?????

  176. amaliaifana says :

    thanku this post very useful for me, :)

  177. gaihwisnu says :

    terimakasih atas info dan artikel yang sangat berguna.. tapi akan lebih lengkap lagi jika ditambahkan dengan latihan latihan soal yg mumpuni

  178. EFENDI HUSAIN says :

    Terimakasih atas info dan artikel yang sangat berguna.. tapi akan lebih lengkap lagi jika ditambahkan dengan latihan latihan soal yg mumpuni. .

  179. arief prasetyo says :

    niki kipun ngamarta direjo malang kudo ngamarto raharjo negoro ngalengko adi guna

  180. sirojuddin says :

    wah artikelnya sangat membantu dalam belajar, thank’s ya . . . . . .

  181. risma ikha paramitha says :

    weh weh bagus banget…… tapi gk menarik gambarnya…. enak nya ada warnanya,jadi anak2 sd bertambah minatnya utk mmbaca artikel ini.

  182. indah yulianti putri says :

    thanks ya atas artikelnya, dan saya menjadi lebih mudah untuk belajarnya.. dan untuk bisa membantu UN saya nanti. :)

  183. Mora Anggara says :

    nmpung bsok ujian jd gue bca artikel ini

  184. ananda (@AnandaUssiputry) says :

    makasih….dengan ini saya dapat mengerjakan tugas fisika saya dengan mudah…..
    #by: SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR,SURAKARTA

  185. yanha says :

    huft…..
    makacih yacgh….
    bza bantu z buat kerja makalah fisika

  186. Ayu Aneke Pangestika says :

    makasih sudah membantu dikit2
    Saya boleh nanya ga rumus utuk mencari perbesaran yang terjadi pada mikroskop itu rumusnya yg man :D
    Skali lagi terima kasih :)

  187. Ayu Aneke Pangestika says :

    makasih sudah membantu dikit2
    Saya boleh nanya ga rumus utuk mencari perbesaran yang terjadi pada mikroskop itu rumusnya yg mana :D
    Skali lagi terima kasih :)

  188. rharha mouriiennaa says :

    thankz so much yyaaach bwat artikelnya . .
    tugaszkuu jdie cpet kelar ..
    ^_^

    kamsamida .. :)

  189. hani maghda says :

    tkren bngetz alat2 optic ny jd bkin qw tau tentang bbrapa alat optic.

  190. bagus says :

    thank bnget qw dah tau tntang alat optik

  191. Pino Rustamdi Wiyono says :

    Mukucih beudh eaaaa…

  192. BroownneD says :

    $20 for free!! Hardcore 1-2-1 cam!

    We are proud to bring you this special offer, just for users of ankoaneta.blogspot.com.

    Sign up for Streamate FREE using our link and when you log in you’ll get $20 credit to try the site out.

    http://costmo.net/images/sm_te_468x100_01.gif

    CLICK ON THE BANNER ABOVE AND CHECK OUT THE FREE WEBCAM. ENJOY.

  193. afika says :

    lumayan untuk orang yang belum bisa fisika

  194. katarin febriana says :

    belum lengkap boss hehehehe..
    makasih ;)

  195. piepit assagaf says :

    piepit assagaf
    makasih yeach …
    udah ngebantuin gw bwt tgasnya gw .
    thankz buangetzzzzzzzzzzz …………….

  196. anes1234 says :

    ada gak juwal komdom
    hahahahah pepek

  197. Nabila says :

    Makasi buat artikel nya..
    ISTIMEWA :)

  198. Dhyllanstha Rinaa Monthadiz says :

    kamera’y kok gga ada ?

  199. Qonitha Atin Al Hihu says :

    tambah pengetahuan dengan adanya ilmu nie,..;;)?

    .
    (p’T)

  200. redi says :

    lier eumpzzzzzzz

    tpi makasih ya

    HATUR THANK

  201. yudha kumara (@yudha_kumara) says :

    terima kasih, artikel ini sangat membantu saya,,,,,

  202. arryoktavian says :

    wew akhir nya selesai jg makalah nya thanks banget untuk artikel nya

  203. vHey_cHa_raHc says :

    ,, thaeNkz aTaz ,, arTikeL nya ,, bsZha NgeLesaIin Tugas Nhc,,. :-) :-D

  204. hani santika says :

    uhuuy .. thanks yah
    atas smua yah . hihihi :)

  205. Vinno_BerVin says :

    mksh yaa atz artikel’y ..
    akuu ngrti dan dpt mnbh ilmu ..
    bsha masuk ipa niie .. :)

  206. Adhan Agathae says :

    kok cuman sedikit ajh masii kurang nii
    buat klipping saya om..

  207. Raficandra6 says :

    Thankz

  208. Ephy says :

    articelnya keren kok ;D makasih yaa

  209. ayyash says :

    beribu trimakasih bwat yg pnya nie blog…sukses selalu

  210. Ananda-Yune says :

    thanks bgt !!!!

  211. Dewi says :

    Halaman ini bagus untuk menambah wawasan/ ilmu bagi yg membacanya.

  212. biichan says :

    huaaahhhh!~
    mna penjelasan ttg kamera??

  213. diehazt says :

    makasih udah buat artikel ini,, sangat membantu saya dlm belajar fisika… <3 :)

  214. cici says :

    thanks
    cici

  215. novytha says :

    thankz Yach dha bntu aq untk menyelesaiqn tgz aq……………

  216. risma wati says :

    mmm masih kurang paham, soalnya ribet banget………?

  217. chacha margaret says :

    thankss buat artikel’nya ..
    artikel inii sngat mmbantu sya ..

  218. agripina indri ati says :

    makasih ya kak. ini ada tugas jadi ngerti deh pasti nati dapat seratus hehehe.
    udah mau ulangan lagi

  219. andika says :

    makasih y udah bantuin tugas

  220. MASTER HTML 5 says :

    itu utk pnykit mata kurang KK,
    Aq tambahin ya :D

    Presbiopi
    Presbiopi adalah seseorang yang tidak dapat melihat benda yang berjarak dekat maupun berjarak jauh.Dapat dibantu dengan kacamata berlensa rangkap. Biasa terjadi pada lansia.
    Kerabunan dan kebutaan
    Buta berarti seseorang tidak dapat melihat benda apapun sama sekali. Buta bisa saja diakibatkan keturunan, maupun kecelakaan. Rabun berarti seseorang hanya dapat melihat dengan samar-samar. Orang-orang yang buta maupun rabun biasanya “membaca” dengan jari-jarinya. Ini disebut huruf Braille.
    Buta warna
    Buta warna adalah suatu kondisi dimana seseorang sama sekali tidak dapat membedakan warna. Yang dapat dilihat hanyalah warna hitam, abu-abu, dan putih. Buta warna biasanya merupakan penyakit turunan. Artinya jika seseorang buta warna, hampir pasti anaknya juga buta warna.
    Katarak
    Katarak adalah suatu penyakit mata di mana lensa mata menjadi buram karena penebalan Lensa Mata dan terjadi pada orang lanjut usia (lansia).
    Astigmatis = ketidakaturan lengkung – lengkung permukaan bias mata yang berakibat cahaya tidak fokus pada satu titik retina(bintik kuning). Dapat dibantu dengan kacamata slinder/Operasi refraktif.
    Rabun senja
    Rabun senja adalah penyakit mata yang disebabkan karena mata kekurangan vitamin A. Penderita biasanya tidak bisa melihat pada saat sore hari saja.

  221. susi says :

    maksih ya untuk keterangannya..
    selain itu, ada juga lho contoh alat2 optik lainya..
    liat di alamat ini untuk menambah informasi..

    http://optika-fisika.blogspot.com/

  222. hanum says :

    thax lhoo :)

  223. Soni says :

    Tanks udah bisa kerjain pr

  224. uagd says :

    anjink makasih ea…

  225. dewiwidia says :

    thank’s yea,,,,, tuk artikelnya…..!

  226. Lolo RailFanz Berutu says :

    seepp buat ngebantu tugas FISIKA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 750 other followers

%d bloggers like this: