Gelombang Elektromagnetik

2407776568_3564471cb51Siapakah Cristiano Ronaldo? Atau, siapakah vokalis band Peter Pan? Jika kamu dihadapkan pada pertanyaan semacam itu dapat dipastikan kamu bisa menjawabnya, bukan? Siapa yang tidak kenal CR7 (sebutan buat Cristiano Ronaldo) atau Ariel Peter Pan? Walaupun kamu tidak pernah bertemu secara langsung dengan keduanya, kamu pasti kenal dengan mereka, ya kan? Kok bisa ya! Walaupun kamu tidak pernah bertemu dengan mereka kamu pasti sering melihat mereka melalui TV, bukan begitu? Sekarang, apa yang membuat kamu bisa menonton TV untuk melihat pertandingan sepak bola yang sedang berlangsung di tempat lain yang sangat jauh? Tahukah kamu prinsip dan konsep apa yang melandasi teknologi dan fenomena ini?

man_w_mobilephoneSaat ini hampir semua orang memiliki peralatan yang satu ini. Dia begitu kecil yang bisa dengan nyaman diletakkan di dalam saku, namun dianggap memiliki fungsi yang sangat besar terutama untuk berkomunikasi. Ya, benda itu adalah sebuah ponsel (telepon seluler). Saat ini ponsel tidak hanya digunakan untuk menelpon saja tetapi juga untuk fungsi lain seperti mengirim dan menerima pesan singkat (sms), mendengarkan musik, atau mengambil foto. Bagaimana perangkat ponsel dapat terhubung dengan perangkat ponsel yang lain padahal mereka saling berjauhan?

Konsep yang bisa menjelaskan fenomena ini adalah konsep gelombang elektromagnetik. Dan, konsep gelombang elektromagnetik ternyata sangat luas tidak hanya berkaitan dengan TV atau ponsel saja, melainkan banyak aplikasi lain yang bisa sering kita temukan sehari-hari di sekitar kita. Aplikasi tersebut meliputi microwave, radio, radar, atau sinar-x.

Sebagaimana yang telah dibahas sebelumnya bahwa ada dua hukum dasar yang menghubungkan gejala kelistrikan dan kemagnetan.

Pertama, arus listrik dapat menghasilkan (menginduksi) medan magnet. Ini dikenal sebagai gejala induksi magnet. Peletak dasar konsep ini adalah Oersted yang telah menemukan gejala ini secara eksperimen dan dirumuskan secara lengkap oleh Ampere. Gejala induksi magnet dikenal sebagai Hukum Ampere.

Michael Faraday, penemu induksi elektromagnetik

Michael Faraday, penemu induksi elektromagnetik

Kedua, medan magnet yang berubah-ubah terhadap waktu dapat menghasilkan (menginduksi) medan listrik dalam bentuk arus listrik. Gejala ini dikenal sebagai gejala induksi elektromagnet. Konsep induksi elektromagnet ditemukan secara eksperimen oleh Michael Faraday dan dirumuskan secara lengkap oleh Joseph Henry. Hukum induksi elektromagnet sendiri kemudian dikenal sebagai Hukum Faraday-Henry.

Dari kedua prinsip dasar listrik magnet di atas dan dengan mempertimbangkan konsep simetri yang berlaku dalam hukum alam, James Clerk Maxwell mengajukan suatu usulan. Usulan yang dikemukakan Maxwell, yaitu bahwa jika medan magnet yang berubah terhadap waktu dapat menghasilkan medan listrik maka hal sebaliknya boleh jadi dapat terjadi. Dengan demikian Maxwell mengusulkan bahwa medan listrik yang berubah terhadap waktu dapat menghasilkan (menginduksi) medan magnet. Usulan Maxwell ini kemudian menjadi hukum ketiga yang menghubungkan antara kelistrikan dan kemagnetan.

James Clerk Maxwell peletak dasar teori gelombang elektromagnetik

James Clerk Maxwell peletak dasar teori gelombang elektromagnetik

Jadi, prinsip ketiga adalah medan listrik yang berubah-ubah terhadap waktu dapat menghasilkan medan magnet. Prinsip ketiga ini yang dikemukakan oleh Maxwell pada dasarnya merupakan pengembangan dari rumusan hukum Ampere. Oleh karena itu, prinsip ini dikenal dengan nama Hukum Ampere-Maxwell.

Dari ketiga prinsip dasar kelistrikan dan kemagnetan di atas, Maxwell melihat adanya suatu pola dasar. Medan magnet yang berubah terhadap waktu dapat membangkitkan medan listrik yang juga berubah-ubah terhadap waktu, dan medan listrik yang berubah terhadap waktu juga dapat menghasilkan medan magnet. Jika proses ini berlangsung secara kontinu maka akan dihasilkan medan magnet dan medan listrik secara kontinu. Jika medan magnet dan medan listrik ini secara serempak merambat (menyebar) di dalam ruang ke segala arah maka ini merupakan gejala gelombang. Gelombang semacam ini disebut gelombang elektromagnetik karena terdiri dari medan listrik dan medan magnet yang merambat dalam ruang.

Pada mulanya gelombang elektromagnetik masih berupa ramalan dari Maxwell yang dengan intuisinya mampu melihat adanya pola dasar dalam kelistrikan dan kemagnetan, sebagaimana telah dibahas di atas. Kenyataan ini menjadikan J C Maxwell dianggap sebagai penemu dan perumus dasar-dasar gelombang elektromagnetik.

Teori Maxwell tentang listrik dan magnet meramalkan adanya gelombang elektromgnetik

Teori Maxwell tentang listrik dan magnet meramalkan adanya gelombang elektromgnetik

Ramalan Maxwell tentang gelombang elektromagnetik ternyata benar-benar terbukti. Adalah Heinrich Hertz yang membuktikan adanya gelombang elektromagnetik melalui eksperimennya. Eksperimen Hertz sendiri berupa pembangkitan gelombang elektromagnetik dari sebuah dipol listrik (dua kutub bermuatan listrik dengan muatan yang berbeda, positif dan negatif yang berdekatan) sebagai pemancar dan dipol listrik lain sebagai penerima. Antena pemancar dan penerima yang ada saat ini menggunakan prinsip seperti ini.

diagram skematik eksperimen Hertz

diagram skematik eksperimen Hertz

Melalui eksperimennya ini Hertz berhasil membangkitkan gelombang elektromagnetik dan terdeteksi oleh bagian penerimanya. Eksperimen ini berhasil membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik yang awalnya hanya berupa rumusan teoritis dari Maxwell, benar-benar ada sekaligus mengukuhkan teori Maxwell tentang gelombang elektromagnetik.

About these ads

Tags: ,

About duniakufisika

Sesuatu yang besar berawal dari sesuatu yang kecil. From zero to hero

99 responses to “Gelombang Elektromagnetik”

  1. dea says :

    kirimkan materi pembelajaran gelombang elektromagnetik

  2. Fi says :

    boleh minta tolong jelaskan secara singkat apa itu gelombang elektromagnetik dan bagaimana sifat2 serta pembuktian adanya gelombang elektromagnetik?

  3. Dwi says :

    Boleh minta tolong dikirimkan ke email saya?

  4. nki says :

    nuhun euy, artikelnya cakep

  5. endah says :

    kirimin materi gelombang elektromagnetik dong! makasi

  6. kartika says :

    Artikel ini menarik. Bisa saya minta tlg dikirimi artikel ini ke email saya?

  7. dinda says :

    artikelnya bagus..
    tapi kurang lengkap..
    kok ga dijelasin tentang frekuensinya??

  8. adli says :

    tolong kirimin makalah tentang gelombang elektromagnetik dong…
    buat tugas akhir sekolah nih.
    makalahnya tentang :
    -penjelasan yang dimaksud dengan gelombang elektromagnetik sebanyak2nya.
    -pemanfaatan gelombang elektromagnetik dalam bidang komunikasi,kesehatan,industri.
    tolong kirimin ke email saya ya.
    thanks…
    klo bisa secepetnya.heheheh..
    soalnya udah mepet waktunya nih…

  9. Ayive. says :

    Ad Artikel tentang Gelombang elektromagnetik laenna gak??
    klo ad tlong krim via email yaw…. pleasee

  10. andi saputra says :

    monyet kau!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  11. chycy says :

    e,da artikel tentang gelombang elektromagnetik gx,,,,,,,,,,,???/ coz,penting banget bwt tugas akhir skull nie. lw da kirimin ke mail w yea

  12. ghoky says :

    Orang Indonesia kapan jadi penemu yang hebat? Kok bisanya cuma makai doang…..

  13. yussy says :

    saya minta dikirimkan tentang materi gelombang elektromagnetik. ke email saya , terimakasih

  14. iphy says :

    ano…
    tlg kirim sifat”nya, jenis”nya, frekuensi n panjang gelombnang, en manfaatnya…
    thx b4…

  15. chaidir akbar says :

    Artikel ini sangat bagus,, tpi bsa gak tolongin saya buat kan makalah tentang elektromagnetik lengkap dengan pembahasan rumus-rumus dan contoh soal ,,w minta tolong banget klo w ga isa ngerjain na wa di ancam ga lulus skulll . . !
    Thanks’

  16. chaidir akbar says :

    Artikel ini sangat bagus,, tpi bsa gak tolongin saya buat kan makalah tentang elektromagnetik lengkap dengan pembahasan rumus-rumus dan contoh soal ,,w minta tolong banget klo w ga isa ngerjain na wa di ancam ga lulus skulll . . !
    Thanks’
    Kirim ke chaidir_ktb@yahoo.co.id

  17. ghie says :

    hai..
    artikelnya bagus banget!!!!!!
    bisa tolong buat khan artikel pemanfaatan gelombang elektromagnetik..??
    beserta gambar-gambarnya kalo ad..

    ntar kirim ke email aqw aj..
    ditunggu..

  18. van says :

    maksh infony…
    tp,,
    saya nyari guna GE untuk industri… :(

  19. manis says :

    tolong kirimkan makalah tentang gelombang elektromagnetik ke imail saya ya. . . !
    aku da tugas dari sekolah nih. . . .
    please . . . . . . .

  20. eBie says :

    LenKap Banget…..

    ToloNg kirimIn MakaLAh tentanG Gelombang elektromagnetik ke email saya ya….
    tolong secepatnya…
    ,,ada tugas sekolaH…
    tolong yaah…

  21. Rryghankha says :

    Hahh???

  22. prita says :

    hufhthhhh………………
    tugas’y ngeselin..!!
    elegtromagnetik…..
    napa susah beud se qmu…??? :'(

  23. debriel irham says :

    bagus banget krn ada namanya ariel petrpan

  24. Nafi' Abdul Hakim says :

    makasih banyak..
    salam kenal saja dari aku..

  25. lelawati says :

    Yez..yez.. akhirnya ktemu jga nih
    minta tolong krim ke email ku dunks.. Please.
    makcih bnget dech…

  26. lelawati says :

    minta kirimin ke email aku dunks.. please
    makcih banget yach..

  27. Dian says :

    artikelnya menarik. bisa dikirim soal-soal gelombang elektromagnetik beserta pembahasannya ke e-mail saya???
    terimakasih

  28. Dharma says :

    tolong……….dong!!!!!!!!
    kirimin artikel gelombang elektromagnetik ke alamat E-mail gw!!!!!!!!!!!!!!!…….

  29. koko says :

    gw lg ada tugas dari dsen..gw btuh banget artikelnya..
    tulung dikirim dunk…
    sumpah w butuh banget!

  30. Irham Salman says :

    kirimkan ke e-mail saya

  31. ita says :

    tolong kirimin makalah gelombang elektromagnet dong. . segera ya dah mepet nih

  32. vluns says :

    ada gambar animasinya ga.,trus klo gambaran pemancar tuh kaya gimana seh,.,.ada gambar geraknya gitu

  33. Salman says :

    THx yu mas Dah Bantu …. :]

  34. tien says :

    artikelnya boleh di kirim ke email aq g?

  35. puput says :

    minta artikelnya , bole ya . makasi

  36. demas says :

    .. bole minta artikelnya lebih lengkap gag?? ..

    sekalian minta di kirim ke email saya hyaa??

    . mkasih..

  37. Bo Zulu says :

    tolong kirimkan data2 tentang gelombang elektromagnetik lebih lengkap lg ke email saya.Saya ingin mempelajarinya..saya butuh data2 tambahan.

    thanx before.
    Jazakumullah ikhrom katsiro.Amien.

  38. Bo Zulu says :

    maav maksud saya jazakumullah khairon katsiro.Maav lg blajar.artinya smoga Allah membalas kebaikan saudara.Amien.

  39. Bo Zulu says :

    argh salah lg. Jazakumullah Khoiron Katsiro.Amien fiuh.. :(

    skali lg maav maav maav.. :(
    blajar.. :(

  40. nanik kristiana says :

    boleh minta artikel induksi elektromagnetik dikirim ke email saya. TQ. GBU

  41. Arip Nurahman says :

    terima kasih ya mas.,.hebat izin kopi ya ^_^ terima kasih

  42. Vincentia Maria says :

    Em.. Blh minta tolong kirim ke email saya semua mengenai gelombang elektromagnetik? Mulai dari terbentuknya sampai dengan side efect nya, terutama terhadap kesehatan baik secara makro (kesehatan keseluruhan) maupun mikro (pengaruhnya terhadap seluler).. Terima kasih…

  43. duniakufisika says :

    terima kasih atas tanggapannya

    mohon maaf belum bisa merespon tanggapan terhadap artikel ini

  44. duniakufisika says :

    mohon maaf belum bisa merespon semua tanggapan terhadap artikel ini

  45. †††gospel††† says :

    boleh minta pembahasan tentang elektromagnetik lebih lengkap lagi gak? butuh buat model pembelajaran… tolong kirim ke email saya ya.please

  46. darel says :

    klu bsa bwtin cth” makalahnya,, please… d’e-mail lin ya

  47. airasha says :

    hmmhh..
    artikelnya bagus :)
    oh ya . bisa bantuin aku buat makalah ttg gelombang elektromagnetik ga??
    pliisss… dapet tugas sekolah niiihhh….
    kirim k email aku ya ..

    thankyou .

  48. mia says :

    makasih infonyaa
    hemmm..tapi please doooong kirimin ke e-mail aku bikin makalah tentang gelombang elektromagnetik..
    aku bingung banget nihhhh
    makasihh :)

  49. dyah says :

    thaxs wat infonyaa

  50. ardhitot says :

    Dear admin,

    Kalo materi tentang alat-alat yg memanfaatkan gelombang elektromagnetik ada gak min? dikirim ke e-mail saya bisa kali min! hehe thanks be4

    *btw nais blog! (y)

  51. patingpecotot says :

    artikel yg bagus..
    tapi klo boleh minta artikel lebih lanjut klo bisa makalah tentang gelombang elektromagnetik ya. tlg kirim ke email ku. thx banget

  52. ucup says :

    baguz. .. se.7 pax guru!!!!!!!!!!!!
    lanjutkn
    lebih cepat lebih baik
    pro rakyat

  53. tjah error says :

    kumahax damanx???
    aye putri di jatinom . .salam kenal

  54. ナビラ says :

    Artikel nya keren!
    Boleh kasih saran?
    Kayaknya ciri-ciri gelombang elektromagnetiknya belom ke-post :)
    Domou Arigatou ^^

  55. aida onche says :

    Artikel nya menarik. Bisa saya minta tolong dikirimi artikel ini ke email saya? thanks b4..

  56. aida onche says :

    Artikel nya menarik. Bisa saya minta tlg dikirimi artikel ini ke email saya?

  57. nova says :

    thanks info”y…
    pi tlong kirimkan makalah glombang elektromagnetik,,,serta contoh dlm kehidupan sehari2…key,,thanks kirim k”email gue ye,,,

  58. ajeng says :

    terima kasih atas informasinya yang membentu saya mengerjakan tugas

  59. eko san says :

    amazing

  60. qiE_qiE says :

    thx’s inform_na..

  61. putrie says :

    hmmm.. macam.macam gelombang elektromagnetik itu apa aja sii ?

  62. toms says :

    mas,,,
    mbak….
    sp pun yang nulis artikel ne,,,
    bs ntak tolong gk,,,
    kirimkan artikel ne ke alamat e-mail aq..
    tolong ya,,,,

  63. kevano says :

    Mau tanya dong…!

    Apa maksudnya.. ‘berubah terhadap waktu’ pada kalimat:

    “Medan magnet yang berubah terhadap waktu dapat membangkitkan medan listrik yang juga berubah-ubah terhadap waktu, dan medan listrik yang berubah terhadap waktu juga dapat menghasilkan medan magnet.”

  64. retno says :

    mau latihan latihan soalnya dong

  65. Yovan says :

    tolonk donk buatin prinsip dasar’a aja g usah terapan’a, soal’a bwt tugas niy

  66. agung says :

    thnks neh

    mau minta izin ni postingan saya jadikan refrensi ya buat bikin tugas dari guru

    thnks lg

  67. selvina agustina says :

    thanks atas infonya
    bgus bnget dan bermanfaat

  68. pedro, adhy, rio n reza says :

    artikelnya menarik untuk disimak.. tapi tolong dijelaskan juga frekuensi serta alat yang bisa digunakan dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. serta hukum dan konsep apa yang digunakan.. kemudian maksud kalimat dari ” Medan magnet yang berubah terhadap waktu dapat membangkitkan medan listrik yang juga berubah-ubah terhadap waktu, dan medan listrik yang berubah terhadap waktu juga dapat menghasilkan medan magnet. Jika proses ini berlangsung secara kontinu maka akan dihasilkan medan magnet dan medan listrik secara kontinu.” bisakah dijelaskan maksudnya?? atau biar lebih jelas diberikan contohnya. trim’s

  69. mawar says :

    . tlg jlasin mpe rinci terbentuknya gelombang elektromagnetik donk …..

  70. hendrick says :

    tolong kirim bahan buat makalah BIOLISTRIK lengkap dengan gambarnya, soalnya aku buth banget buat presentasi……

  71. mila2ittelkom says :

    di kasih bantuan materi malah minta si admin kirimin jawaban tugas orank,…gini mental sebagian besar anak2 indonesia ?,..

    klo mau ngamuk mah komen saya ,kita sama2 intropeksi ajah yah.. boro2 jadi penemu, lah buat makalah yang materinya tinggal di resume dan improvisasi dikit ajah dah manja,..anak dari bonyok yang tajir hanya membentuk mental remaja malas :( apa2 tinggal suruh.

  72. Komentator says :

    Saya sangat setuju dengan mila2ittelkom…
    pada ga tau diri dah minta-minta nyuruh2. Udah baik2 admin ngasih informasi….
    Udah ada internet lengkap tinggal cari aja informasi..]
    pahami,,,,, tulis dengan bahasa sendiri…
    gitu aja kok repot…
    dasar orang indonesia hehehehe

  73. Puput .. says :

    cahaya yang dimaksud GELOMBANG ELEKTRONAGNETIK tu apa ya ???

  74. diah says :

    yang termasuk pemanfaatan gel elektromagnetik yg mna y antara mengukur kedalaman laut,pemetaan jarak jauh,alat pacu jantung,EKG,atau USG?

  75. astri says :

    tolong butkn makalah gelombang elektromagnetik sama rumus.a dong…..

    ku butuh banget ni…

    please… :)

  76. Adrian says :

    sep

  77. syafida says :

    apakah kecepatan elektromagnetik di jangat raya ini sama semua..??buktinya apa..??

  78. andreas says :

    7 macam gelombang adakah?

  79. desti sman 1 kabupaten tangerang says :

    tolong krim makalah tentang gelombang elektromagnetik sebnyak2nya ke email saya iya… buat tugas makalah,,,, ok thanks

  80. Rr Nova Ubaidilla says :

    ARTIKELNYA KEREEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEN!!

  81. rizqy hidayani says :

    huh! saya lagi nyari soal tentang materi ini…. ga ktemu2…. bisa bantu?

  82. Ratna Sari says :

    ok tambah ilmu lagi

  83. aizahrin says :

    alhamdulillah..
    tapi ada suatu soal yg mengganjal buat saya..
    apakah gelombang elektromagnetik itu sendiri terdiri dari partikel-partikel bermuatan listrik, ataukah berupa medan saja? atau pengertian saya ttg medan dan partikel belum bagus.. tolong bantu saya ya.
    terimakasih…

  84. riko love desiska sman 1 sdk says :

    keren banget
    tapi yang minta tgs td ancaur ya pengen nyantai aja kayaek mi instan
    jadi dong anak indonesia yg rajin kreatif dikit napasay

  85. riko love desiska sman 1 sdk says :

    setuju banget ma k2k mila2it2elkom

  86. riko love desiska sman 1 sdk says :

    ORANG2 YANG SUKSES DAPAT MENGATASI HAL2 YANG TIDAK DIHARAPKAN;ORANG2 GA2L TIDAK DAPAT MENGATASI
    (WINNERS ANTICIPATE UNEXPECTED;LOSER CAN’T)

  87. Muntazan says :

    thankkkzzzzzzzzzzsssssssss for infonya,,,,,,,,,
    v lok dha yg lain bilng2 eyaaaaaaaaaaa………

  88. devi says :

    mnta tlong bwatin makalh tentang elektromaknetik dong……
    please…..
    thankz…..

  89. nilam says :

    penemu.a apa cuma 2 ?? gak ada yang lain ia ??

  90. chacha says :

    waah……
    makasih banget ya…
    kalo cha boleh saran, tulis juga donk tentang manfaat + sifat nya…
    thank you…

  91. ayu ollyvia says :

    tambahin dong makalah tentang materi elektromagnetiknya, hehe makasih seblumnya,,,,,,, :)

  92. nopal says :

    tambahin dong…. dikomplitin lagi ya.
    lebih ditambah gambar biar terlihat lebih menarik

  93. ninovers bismania says :

    uadah bagus banget…….. top deh. ditambah gambar ya.

  94. janrianto says :

    bisa kah kirim kan tentang gelombang elektromagnetik ke alamat email saya …kalo bisa krimkan lah ?

  95. didin says :

    makasii ya buad infonya

Trackbacks / Pingbacks

  1. konsultasi kesehata, tanya dokter,headache - 3 October 2011
  2. magnets ads - 22 November 2011
  3. elektromagnetik | evendy obeng - 25 March 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 750 other followers

%d bloggers like this: