Keseimbangan Benda Tegar : Titik Berat

Telah dikatakan sebelumnya bahwa suatu benda tegar dapat mengalami gerak translasi (gerak lurus) dan gerak rotasi. Benda tegar akan melakukan gerak translasi apabila gaya yang diberikan pada benda tepat mengenai suatu titik yang yang disebut titik berat.

Benda akan seimbang jika pas diletakkan di titik beratnya

Benda akan seimbang jika pas diletakkan di titik beratnya

Titik berat merupakan titik dimana benda akan berada dalam keseimbangan rotasi (tidak mengalami rotasi). Pada saat benda tegar mengalami gerak translasi dan rotasi sekaligus, maka pada saat itu titik berat akan bertindak sebagai sumbu rotasi dan lintasan gerak dari titik berat ini menggambarkan lintasan gerak translasinya.

Mari kita tinjau suatu benda tegar, misalnya tongkat pemukul kasti, kemudian kita lempar sambil sedikit berputar. Kalau kita perhatikan secara aeksama, gerakan tongkat pemukul tadi dapat kita gambarkan seperti membentuk suatu lintasan dari gerak translasi yang sedang dijalani dimana pada kasus ini lintasannya berbentuk parabola. Tongkat ini memang berputar pada porosnya, yaitu tepat di titik beratnya. Dan, secara keseluruhan benda bergerak dalam lintasan parabola. Lintasan ini merupakan lintasan dari posisi titik berat benda tersebut.

Demikian halnya seorang peloncat indah yang sedang terjun ke kolam renang. Dia melakukan gerak berputar saat terjun. sebagaimana tongkat pada contoh di atas, peloncat indah itu juga menjalani gerak parabola yang bisa dilihat dari lintasan titik beratnya. Perhatikan gambar berikut ini.

seorang yang meloncat ke air dengan berputar

seorang yang meloncat ke air dengan berputar

Jadi, lintasan gerak translasi dari benda tegar dapat ditinjau sebagai lintasan dari letak titik berat benda tersebut. Dari peristiwa initampak bahwa peranan titik berat begitu penting dalam menggambarkangerak benda tegar.

Cara untuk mengetahui letak titik berat suatu benda tegar akan menjadi mudah untuk benda-benda yang memiliki simetri tertentu, misalnya segitiga, kubus, balok, bujur sangkar, bola dan lain-lain. Yaitu d sama dengan letak sumbu simetrinya. Hal ini jelas terlihat pada contoh diatas bahwa letak titik berat sama dengan sumbu rotasi yang tidak lain adalah sumbu simetrinya.

Orang ini berada dalam keseimbangan

Orang ini berada dalam keseimbangan

Di sisi lain untuk benda-benda yang mempunyai bentuk sembarang letak titik berat dicari dengan perhitungan. Perhitungan didasarkan pada asumsi bahwa kita dapatmengambil beberapa titik dari benda yang ingin dihitung titik beratnya dikalikan dengan berat di masing-masing titik kemudian dijumlahkan dan dibagi dengan jumlah berat pada tiap-tiap titik. dikatakan titik berat juga merupakan pusat massa di dekat permukaan bumi, namun untuk tempat yang ketinggiannya tertentu di atas bumi titik berat dan pusat massa harus dibedakan.

About these ads

Tags: , ,

About duniakufisika

Sesuatu yang besar berawal dari sesuatu yang kecil. From zero to hero

65 responses to “Keseimbangan Benda Tegar : Titik Berat”

  1. sri says :

    minta dikirimkan soal UN SMP dong,,,,fisika ya..
    thanks

  2. balita says :

    boleh minta ebook Momentum Sudut, Dinamika dan Statika Benda Tegar g’…..
    plis bangetz tuk tugas 5 hari lagi…..

    ii_cheese@ymail.com email aja ya klo bisa ditunggu

    thanks be4

  3. alethea says :

    nny dunk..
    klo dpt tgs bkn benda dr materi kesetimbangan benda tegar, enakan bkn apa yh?

  4. Syilvester says :

    tolong dong buat sebuah metode percobaan yang ada hubungannya dengan torsi dgn titik berat

  5. tata says :

    tolong minta contoh soal statika benda tegar yang rumit2 donk buat menghitung momen
    thx..

  6. mus says :

    tolong kirim teori ringkas dan soal spmb benda tegar yang banyak dan cara cepatnya ya perlu banget ni, kirim ke email muslematjeh@yahoo.com

  7. gulana says :

    minta tolong rumusan untuk mencari titik berat suatu kendaraan

  8. Aditya deddi says :

    kondangan ya bu?? Teman….

  9. KARLINA says :

    LAGI NYARI BAHAN NEH BUAT BIKIN TUGAS KUL . . . .

  10. GieTha says :

    Boleh minta soaL” mengenai Keseimbangan benda tegar??
    SekaLian dengan jawabanNYa,
    biar bwt di peLajari,

    Thnx before!!!!

  11. gulana says :

    hai mas….
    saya ada soal tentang titik berat kendaraan nich..
    tolong dibantu solusinya ya
    soalnya :
    diket sebuah mobil
    ditanya letak titik beratnya x,y, z(tinggi titik berat dari tanah)
    trims sebelumnya

  12. alam says :

    tolong kirimin soalnya. saya minta soalnya saja tidak pakai jawabannya.

  13. jhuen ompi says :

    bolekah saya meminta contoh keseimbangan benda…..????

  14. frendy pandaleke says :

    bolekah saya meminta rumus keseimbangan badan….?????

  15. Ghunz says :

    Kalau menyusun dan mengurai gaya dengan menggunakan meja gaya. termasuk dalam materi ini ga’ sich???

  16. adelia says :

    gy pucing bkin tgs kliping dinamuka nich.. bntuin donk

  17. niea says :

    kimia bwt q pusinggggggggggggggggg!!!!!!!!!!!!!

  18. ana althafunisha says :

    please dong,,kirimkan materi tentang menggeser dan menggulinag….
    PENTTING bangeeetzzzini,,da persentasi..

  19. ana althafunisha says :

    please dong,,kirimkan materi tentang menggeser dan mengguling….
    PENTTING bangeeetzzzini,,da persentasi..

  20. Gusti Ayu P.T.L. says :

    Tolong ce… cri tw knapa pda percobaan kesetimbangan benda tegar, F tidak selalu sama dengan 0???

  21. Gusti Ayu P.T.L. says :

    Tolong ce… cri tw knapa pda percobaan kesetimbangan benda tegar, F tidal selalu sama dengan 0???

  22. icha says :

    minta di kirimin dong, materi tentang kesetimbangan benda tegar( misal: tentang titik berat benda homogen)

  23. Ara says :

    please, kirim konsep,dasar teori’ dan pembahaasan tentang keseimbangan benda tegar sich. ya???
    secepatnnya.tolong ya???kepepet banget nich.ntar di kirim ke metlazzaclaire@yahoo.com
    thank’s a lot…
    trima kasih banyak…

  24. giovanni efrilla says :

    thanks atas infonya…:)

  25. Seno Utomo says :

    Sekedar usul nih, bikin dong artikel singkat tentang pemanfaatan titik berat ini dalam kehidupan nyata, misalnya dalam perancangan kapal, di mana harus dirancang titik berat kapal dan titik berat dari zat cair yg dipindahkan sedemikian rupa untuk mejaga kapal tetap tegak, ini pelajaran fisika di SMA dulu kan

  26. febriliani says :

    gmn ciie cara cepet nangkep plajran fisika ???

  27. wiwik says :

    bagus..lhooo

  28. ridwan says :

    boleh minta soaln tentang keseeimbangan benda tegar ???? butuh banget nih buat latihan menghadapi ulum nanti

  29. arka says :

    salam kenal pa! bahasan kesetimbangan memang punya ruang lingkup yang cukup luas dibanding bahasan yang lain. karena prasyarat juga lumayan berat. terima kasih penjelasannya.
    salam fisika

  30. nopry.. says :

    tolong sertai dengan soal-soal SPMB.y donk!…
    mksih!..

  31. kris says :

    contoh eksperimennya donk

  32. afdil says :

    ih saya pernah punya mainan burung itu waktu masih kecil. a pretty neat toy. btw, saya uda beberapa kali liat bukunya mas bayu di gramedia. ternyata ini toh orang/blognya. keren. kalau gitu halo mas. :)

  33. feraldo says :

    boleh minta contoh soal keseimbangan benda tegar??????
    oh ya minta donk donk persamaan untuk menghitung titik berat kendaraan.

  34. dindra says :

    untuk pemilik situs dunia fisika yang baik hati :)
    aku mnta tolong dunk , tolong dimuat materi yang lebih spesifik juga contoh penerapan dlm khidupan sehari-hari yg ada kaitannya dgn momen gaya, momen inersia, kesetimbangan bnda tegar…
    makasi :)

  35. mr. Sarkono says :

    hehe bagus ilmu fisika

  36. pakde senojo says :

    wah kurang jekas dan padat ini

  37. ryan says :

    menentukan titik berat secara perhitungan. dan menggunakan rumus

  38. ryan says :

    menentukan titik berat haruskah kita lakukan dengan dengan perhitungan
    atau adakah rumus yang lain?

  39. wihank says :

    bedanya titik berat sama titik massa apa si??

  40. anis says :

    tolong beri kan contoh alat peraga untuk materi keseimbangan benda tegar

  41. muthia says :

    ada rumus nya gak ?

  42. kardi pakpahan says :

    tolong krim kan ma aq rumus kseimbangan benda tegar untuk koordinat kartesius dan penerapan pd sumbu x & y
    thank’s

  43. perpusgratis says :

    thx, blogny bermanfaat sekali buat laporan praktikum saya

  44. azrai says :

    Saya mempunyai sebuah laptop, jika layar laptopnya di buka dengan sudut 95derajat dari keyboard maka dimana titik berat laptop tersebut ?.
    Bagaimana cara mencari titik berat laptop tersebut ?

  45. Ratih Kumala says :

    penerapan kesetimbangan benda tegar ddallam permainan judo itu apa ya? saya bingung… mohon penjelasannya. terimakasih.

  46. igho says :

    pengertian benda tegar bisa di kirim di dinding facebookku….?

  47. Tuty says :

    Apakah istilah lain dari titik berat ?

  48. fhaa_farida (@faridaoktafini) says :

    gua pusing banget kalu udh belajr ini,,, susah di pahami

  49. kia d"salathoh says :

    saya ga begitu paham tentang bab ini
    jadi gmana sih bwat mempelajarinya agar cept mdeng?

  50. Ahmad says :

    minta e-book donk….

  51. Gita fransiska says :

    ToloNg doNg jelaskan ap hubungan torsi dan mOmen inersia..
    Pliss d email aja ya gitafransiska42@yahoo.co.id

  52. nurhalisa says :

    mau nanyak, nih sir,
    mengapa kita bisa jatuh apabila kita tidak sedang mengendarai sepeda

  53. Kurniawan Deni says :

    terimakasih atas postingannya ya,udah lumayan ngerti nih tentang titik keseimbangan.

  54. ade mukhlas says :

    selamat sore…
    gan ane minta tolong banget ya…sekranya agan tau mengenai tripod (kaki tiga) tentang teori kseibanganya kenapa memerlukan 3 kaki..tolong dikirim ke ademukhlas@gmail.com
    atau mungkin ada refrensi buku yang harus sya baca..ini tentang penelitian saya..terima kasih

  55. makasih sama-sama says :

    pengertian lintasan gerak translasi itu apa???
    kalau bisa di kirim di dinding facebookk ku yah

  56. ayu says :

    gimana yah cara ngebuat bangunan 2 dimensi yang terbuat dari karton yang mnganut sistem kesetimbangan benda tegar
    …. contoh bentuk jajargenjang, lingkarang,dll

    apa yang harus diperhatikan dari sisi ukurannya, dan bagaimana cara menentukan x, y, dan z nya.
    mohon dibantu

  57. Ririn says :

    minta contoh soal keseimbangan benda tegar dong..

  58. Beatrice Felschristian Soyan says :

    boleh tidak di kasih defenisi keseimbangan benda tegar II

  59. Iman Fajar says :

    kalo sebuah benda dikatakan mengalami kesetimbangan secara translasi karena apa ?

  60. adi says :

    COPAS TUH,,,,

  61. Irfan Syahputra says :

    Wah, penjelasannya kurang jelas :(

  62. chintya says :

    kakak, aq mau minta dri pengertian benda titik ,,
    thank’s ya kak,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 752 other followers

%d bloggers like this: